16 Tips Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan CPC AdSense

Apakah AdSense berfungsi untuk Anda? Apakah Anda frustrasi pada ketidakmampuan Anda untuk menghasilkan uang besar dari AdSense terlepas dari upaya terbaik Anda? Bertanya-tanya apakah Anda akan menghasilkan uang nyata dari blog Anda?   CPC berarti “cost Per click”. Apa itu? Ini berarti pengiklan yang menggunakan program AdSense membayar Google setiap kali seseorang mengklik iklan mereka. Ketika Anda bergabung dengan jaringan AdSense, Anda akan menjalankan iklan AdSense di blog atau halaman web Anda dan dibayar sekitar 68% dari harga penawaran untuk iklan – sisanya masuk ke Google.

Jadi, jika Google dibayar $ 4 untuk setiap klik yang dilakukan pada iklan tertentu untuk kata kunci tertentu, maka Anda akan dibayar sekitar $ 2,72 setiap kali pengunjung ke situs web Anda mengklik iklan itu, yang ditempatkan oleh Google di halaman web Anda.

Sekarang, jika Anda ingin menghasilkan uang nyata dari program AdSense, Anda harus mencoba memaksimalkan harga CPC. Ini berarti memiliki jenis iklan yang tepat di halaman web Anda, jenis yang menghasilkan jumlah uang paling banyak per klik.

Anda tidak dapat menentukan CPC dari iklan yang ditempatkan di blog Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah membuat situs web atau blog Anda sedemikian rupa sehingga Google menempatkan iklan bernilai tinggi atau yang memiliki CPC lebih tinggi di halaman web Anda. Google memutuskan di mana menempatkan iklan melalui sistem otomatis.

Hal-hal Mengapa Clickthrough rate (CTR)

Ada hal penting lain yang perlu Anda ingat dalam konteks ini, selain dari CPC. Ini disebut CTR atau Click Through Rate. CTR adalah persentase pengunjung yang mengklik iklan di halaman web Anda.

Idealnya Anda akan menginginkan lebih banyak pengunjung yang mengklik iklan daripada mereka yang baru saja membaca posting blog Anda dan mengabaikan iklan sepenuhnya. Anda akan menginginkan CTR yang lebih tinggi untuk meningkatkan CPC AdSense. Apakah itu cukup jelas?

Jadi, jika Anda memiliki CTR 4% dengan CPC $ 1,5 – yang menunjukkan bahwa 4 pengunjung dari setiap 100 klik pada iklan Anda – itu jauh lebih baik daripada CTR 2% dengan CPC $ 2,40. Dengan yang pertama, Anda akan menghasilkan $ 20,40 sehari jika Anda memiliki lalu lintas harian 1.000 pengunjung, dan yang kedua, Anda hanya akan menghasilkan $ 16,32 sehari dari lalu lintas harian 1.000.

Jadi, tidak cukup untuk memiliki CPC tinggi, Anda juga membutuhkan CTR tinggi. Karena itu, untuk menghasilkan banyak uang dari blog Anda, Anda harus fokus pada peningkatan CPC AdSense serta CTR.

Sekarang, sebelum saya memberi Anda tips untuk meningkatkan CPC AdSense Anda, mari kita mencoba memahami mengapa CPC AdSense Anda saat ini sangat rendah.

Alasan mengapa CPC AdSense Anda Rendah

  1. Ceruk / Niche
    Situs web atau blog Anda termasuk dalam ceruk yang kurang menguntungkan, tempat audiens Anda tidak mengklik iklan. Jadi, jika Anda memiliki blog yang membahas politik, misalnya, itu bukan salah Anda memiliki CTR rendah, itu mungkin ada hubungannya dengan niche Anda. Sekarang, blog real estat di sisi lain, mereka memiliki CTR tinggi.
  2. Geografi
    Ini berkaitan dengan dari mana audiens Anda berasal. Jika banyak audiens Anda berada di negara di mana klik tidak membutuhkan biaya banyak, maka Anda akan memiliki CPC rendah juga.
  3. Mobile
    Mungkin situs web Anda belum mobile friendly. Sejak pembaruan Mobile-Friendly diluncurkan pada 21 April 2015, Google menghukum situs web yang tidak ramah seluler, melalui posisi yang lebih rendah pada SERPS dan nilai CPC yang lebih rendah.
  4. Media membeli program
    Pembelian terprogram oleh pengiklan telah menghasilkan penurunan pendapatan yang besar bagi banyak blogger yang bergantung pada Google AdSense untuk mencari nafkah. Tidak ada yang bisa Anda lakukan tentang itu.
  5. Pengiklan yang diblokir
    Anda mungkin telah memblokir beberapa pengiklan karena berbagai alasan. Anda mungkin telah memblokir pesaing Anda dari beriklan di situs Anda dan Anda mungkin telah memblokir beberapa perusahaan yang kebijakannya tidak Anda setujui. Nah, masalah dengan itu adalah itu Anda akan dihukum karena ini oleh AdSense melalui CPC yang lebih rendah.
  6. Video
    Anda mungkin memiliki saluran YouTube yang sukses, tetapi penempatan iklan YouTube di situs web atau blog Anda berarti bahwa uang tersebut mengalir ke YouTube dan bukan ke AdSense. Jadi, Anda memiliki CPC yang lebih rendah.
  7. Penargetan buruk
    Ini kesalahan pengiklan! Mereka tidak memiliki petunjuk tentang bagaimana menargetkan blog yang tepat untuk produk atau layanan mereka. Jadi Anda memiliki blog mode pria dan untuk beberapa alasan aneh Anda mendapatkan iklan untuk mode dan aksesori wanita. Ya, ini penargetan yang buruk oleh pengiklan, bukan kesalahan Anda, tapi itu menurunkan CTR dan CPC Anda.
  8. Ekonomi
    Ada sedikit yang bisa Anda lakukan ketika ada resesi di negara Anda atau di seluruh dunia dan orang-orang tidak cukup membeli. Jadi pengiklan tidak punya pilihan selain membatasi pengeluaran pemasaran mereka dan akibatnya CPC Anda menderita.
  9. Musiman
    Itu bisa menjadi hal musiman. Jika Anda memiliki blog yang menawarkan prediksi hari pertandingan untuk Liga Primer Inggris, Anda tidak akan memiliki terlalu banyak pengunjung selama musim off ketika tidak ada pertandingan yang dimainkan. Jadi Anda akan memiliki CPC yang lebih rendah saat ini. Demikian pula, jika Anda mempromosikan hadiah atau kartu ucapan di situs web Anda, Anda akan memiliki iklan CPC tinggi selama Musim Liburan, dan iklan BPK lebih rendah untuk sisa tahun ini.
  10. Ukuran iklan
    Tidak semua iklan sama. Beberapa iklan mengonversi lebih dari yang lain. Tidak memiliki cukup konversi iklan dapat mengurangi CPC Anda. Perhatikan ukuran iklan – ada beberapa ukuran yang mengkonversi lebih baik.
  11. Penempatan iklan yang tidak tepat
    Anda telah melanggar Kebijakan penempatan iklan AdSense dalam beberapa cara tanpa benar-benar menyadarinya, dan telah dihukum oleh Google untuk itu. Google memiliki kebijakan ketat tentang iklan, dan mereka tidak menyukai praktik yang diikuti oleh beberapa penerbit tempat mereka menipu pengguna untuk mengklik iklan. Ini harus dihindari bagaimanapun caranya.
Artikel Terkait:  Cara Simpel Membuat Disclaimer Privacy Policy Blog - Mengapa Disclaimer Penting

Jadi, ini adalah 11 alasan mengapa CPC AdSense Anda rendah. Sekarang, bagaimana Anda dapat meningkatkan CPC AdSense?

Berikut adalah 16 Tips Cepat dan Mudah untuk Meningkatkan CPC AdSense

1. Optimalkan konten Anda untuk kata kunci bernilai tinggi

Lakukan penelitian kata kunci Anda dan identifikasi kata kunci pembayaran terbaik dalam niche Anda. Cara kerja AdSense adalah pengiklan menawar kata kunci. Ada beberapa kata kunci yang mendapatkan tawaran terbaik dan memiliki nilai jauh lebih tinggi. Itulah kata kunci yang harus Anda fokuskan dan optimalkan untuk konten Anda. Ada beberapa kata kunci yang bisa bernilai $ 100 atau lebih per klik. Lakukan riset Anda pada mereka dan sertakan mereka sealami mungkin dalam konten Anda. Di AS, kata kunci pembayaran terbaik tersedia dalam kategori seperti layanan bisnis, obligasi, kasino, pengacara dan manajemen aset. Buat konten yang relevan dengan ceruk populer tersebut dan optimalkan artikel dan posting blog Anda dengan kata kunci pembayaran terbaik.

2. Fokus pada kata kunci ekor panjang

Tidak cukup hanya memiliki kata kunci pembayaran terbaik. Anda harus melakukan riset tentang alat SEO seperti Perencana Kata Kunci Google dan SEMRush dan mengidentifikasi frasa kata kunci ekor panjang dengan bayaran terbaik yang relevan bagi pembaca Anda. Sertakan kata kunci ini dalam konten Anda. Pastikan untuk menggunakan praktik SEO terbaik untuk mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci ini – tetapi tetap alami, jangan masukkan kata kunci tanpa mempertimbangkan kebenaran tata bahasa dan alur penulisan.

3. Buat konten yang menarik, berkualitas tinggi, dan menguntungkan

Kualitas konten adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan. Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang dicari pembaca Anda dan memberikan mereka solusi yang tepat untuk masalah mereka. Anda harus menulis konten yang menciptakan nilai bagi audiens yang sangat bertarget, yang mencari informasi dalam niche. Konten harus ramah SEO dan ditempatkan secara jelas di SERP Google. Semakin tinggi lalu lintas, semakin banyak orang yang membaca konten Anda, semakin tinggi pula CPC AdSense Anda. Sesimpel itu!

Artikel Terkait:  Cara Membuat 3 Kolom Footer Pada Blogger Blogspot

4. Manfaatkan Pusat Tinjauan Iklan AdSense

Pusat Peninjauan Iklan AdSense adalah alat yang memungkinkan Anda untuk meninjau iklan individual sehingga Anda dapat memutuskan apakah akan memblokirnya atau menampilkannya di halaman web Anda. Ini memberi Anda tingkat kontrol dan transparansi yang jauh lebih tinggi atas iklan yang muncul di situs web atau blog Anda. Ini memberi Anda kendali penuh atas jenis produk, layanan, atau merek apa yang dipromosikan di situs web atau blog Anda. Anda harus menggunakan alat ini untuk menampilkan iklan hanya dari pengiklan yang membayar tinggi. Ingat – tidak semua iklan AdSense didukung oleh alat ini. Pusat Tinjauan Iklan hanya memungkinkan Anda untuk memblokir iklan di tingkat produk dan bukan di tingkat situs web.

pusat ulasan iklan adsense

5. Cari tahu ukuran iklan terbaik

Jenis ukuran dan penempatan iklan yang tepat memberi Anda CPC pembayaran terbaik. Ada beberapa ukuran iklan yang sangat efektif untuk platform tertentu, seperti ponsel dan tablet, tetapi tidak begitu berhasil di platform lain, seperti laptop. Memilih ukuran iklan terbaik untuk berbagai platform dan bereksperimenlah dengan mereka sampai Anda mendapatkan CPC yang Anda sukai.

6. Gunakan Harga Pintar untuk keuntungan Anda

Pengiklan saat ini menginginkan ROI yang lebih tinggi dan menginginkan klien nyata. Google memahami hal ini dan membuat proyeksi akurat pada tingkat konversi iklan sebelum memutuskan iklan mana yang akan ditayangkan dan di mana menempatkannya. Ini didasarkan pada “Harga Cerdas“model yang digunakan Google saat ini. Anda dapat menggunakan Harga Pintar untuk keuntungan Anda dengan menampilkan iklan yang relevan, menarik lalu lintas berkualitas tinggi ke blog Anda dan membuat konten yang luar biasa.

7. Manfaatkan Filter Iklan Kompetitif

Filter Iklan Pesaing serupa dalam banyak hal dengan Pusat Tinjauan Iklan yang dibahas sebelumnya. Tujuan dari alat ini adalah untuk menyaring iklan yang tidak diinginkan dan untuk mencegah agar iklan tidak muncul di situs Anda. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memblokir iklan dari pesaing Anda. Anda dapat memblokir seluruh akun AdSense atau domain tertentu. Sekarang, ini tidak banyak berpengaruh untuk CPC Anda, tetapi memastikan bahwa pesaing Anda tidak menampilkan iklan mereka di situs Anda. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pelanggan Anda diarahkan ke situs web pesaing Anda.

8. Ikuti pedoman Ramah Seluler Google

Sejak 21 April 2015, Google telah menjadikan keramahan situs web sebagai salah satu faktor peringkat peringkat utama untuk algoritmanya. Anda harus mengoptimalkan situs web Anda untuk seluler; jika tidak, Anda akan mendapat sanksi besar dari Google. Anda harus memiliki desain web yang responsif. Pengiklan menyukai situs web yang ramah seluler. Beberapa membayar lebih untuk klik seluler daripada klik desktop dan lainnya lebih suka beriklan secara eksklusif di ponsel. Ini terutama berlaku untuk bisnis lokal dalam wilayah geografis tertentu. Jadi, untuk meningkatkan CPC Anda, jadikan situs web Anda lebih ramah seluler.

9. Eksperimen, gabungkan dan cocokkan, coba hal baru dengan iklan Anda

Google AdSense memiliki “Eksperimen” khusus yang disebut yang memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai hal dengan iklan Anda. Anda dapat melakukan pengujian terpisah pada berbagai format iklan, mencoba pengiklan yang berbeda, membuat perubahan pada jenis font dan warna latar belakang, mengubah ukuran iklan, mengubah skema warna, memblokir kategori iklan tertentu, dll. Dan mencari tahu apa yang berhasil dan yang tidak. Ketika Anda merasa nyaman tentang sesuatu, pertahankanlah untuk jangka panjang.

Artikel Terkait:  20+ Aplikasi Mode Malam Terbaik Android tahun 2020 (Filter Blue Light)

10. Manfaatkan Google Ecosystem

Google menyukai penerbit yang loyal pada platformnya. Jadi bergabunglah dengan Google Ecosystem, jadilah bagian darinya. Ini berarti berada di Google+, memanfaatkan Alat Webmaster Google, membuat akun Google Business, memiliki saluran YouTube Anda sendiri, menggunakan Google Documents, dan sebagainya. Luangkan lebih banyak waktu di platform Google, gunakan lebih banyak sumber daya Google untuk mendapatkan kepercayaan Google. Mendapatkan kepercayaan Google adalah rute pasti ke CPC yang lebih tinggi.

11. Fokus pada wilayah geografis pembayaran tinggi tertentu

Anda harus selalu fokus pada wilayah CPC tinggi tempat pengiklan membayar lebih banyak untuk klik. Jadi, jika konten Anda ditujukan untuk pemirsa di Amerika Serikat, Swedia, Jepang, Norwegia, atau Belanda, Anda pasti akan memiliki CPC yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara penargetan seperti India, Afrika Selatan, Bangladesh dan Indonesia. Anda mungkin ingin membeli alamat domain lokal dan membuat konten khusus untuk wilayah CPC tinggi. Anda bahkan mungkin ingin mempersempit wilayah geografis Anda menjadi kota-kota saja – misalnya, konten apa pun yang berfokus pada Kota New York, Dallas atau London mendapat iklan dengan bayaran tinggi.

12. Manfaatkan informasi dari Google Analytics dan Google AdSense dan tautkan untuk wawasan yang lebih baik tentang lalu lintas web Anda

Baik Analytics dan AdSense memberi Anda informasi yang sangat baik tentang lalu lintas web Anda, pendapatan yang diperoleh dan memberikan laporan yang bermanfaat. Hubungkan akun Google Analytics dan AdSense Anda untuk wawasan yang lebih baik ke dalam lalu lintas Anda, dan dapatkan pemahaman tentang perilaku audiens di situs Anda – apa yang mereka klik lebih banyak, di mana lalu lintas CPC tertinggi Anda berada dan sebagainya.

13. Tampilkan hanya iklan yang relevan

Anda harus memastikan bahwa Google hanya menayangkan iklan paling relevan di halaman web Anda. Cara untuk melakukannya adalah membuat konten Anda SEO friendly dan mudah dijelajahi untuk bot mesin pencari. Anda bisa mulai dengan berfokus pada dasar-dasar seperti pos, tag meta dan memformat konten Anda. Juga, matikan iklan pemasaran ulang untuk iklan kontekstual. Semua hal ini dapat meningkatkan CPC Anda seiring waktu.

14. Kurangi jumlah unit iklan di blog Anda

Cobalah sesuatu yang berbeda seperti mengurangi jumlah unit iklan di blog Anda. Dengan mengurangi pasokan, Anda dapat meminta pengiklan menawar lebih banyak untuk ruang terbatas, yang dapat menyebabkan peningkatan CPC Anda. Ini adalah tentang membuat ketidaksesuaian pasokan / permintaan bermanfaat bagi Anda.

13. Gunakan fitur Konten yang Cocok di AdSense

Google memiliki layanan rekomendasi konten yang disebut Konten yang Cocok untuk AdSense. Jadi ini hanya tersedia untuk penerbit besar, tetapi Anda dapat mencoba dan mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk itu atau tidak. Ini melibatkan penggantian mesin rekomendasi artikel lokal Anda dengan Google. Idenya adalah untuk mempromosikan hanya konten yang paling relevan dan paling menguntungkan di situs Anda kepada pengunjung Anda.

14. Izinkan Penargetan Penempatan

Pengiklan selalu bersedia membayar lebih untuk penempatan yang berkualitas. Google telah memungkinkan pengiklan untuk menargetkan bagian tertentu dalam situs web Anda atau format tertentu. Ini disebut sebagai Penargetan Penempatan. Untuk ini, Anda harus mengelompokkan iklan Saluran Kustom – Sebanyak 500 URL – dan memberikan pengiklan akses mudah ke konten yang relevan di situs web Anda.

adsense menambahkan saluran khusus

Akhir Kata

Saya telah membahas mengapa CPC AdSense Anda rendah dan memberi Anda 16 tips cepat dan mudah untuk meningkatkannya. Namun, tidak ada aturan yang keras dan cepat di sini. Jika tidak ada langkah-langkah yang diberikan di atas berhasil, coba hal lain untuk meningkatkan CPC AdSense. Teruslah bereksperimen sampai sesuatu melekat. Semoga Anda menikmati membaca ini. Seperti biasa, saya menantikan pertanyaan dan saran Anda. Kirimkan saja dalam komentar di bawah ini.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *