Skip to content

5 Jurus Rahasia Rewrite l Menulis Ulang Artikel Dari Website Lain

5 Jurus Rahasia Rewrite l Menulis Ulang Artikel Dari Website Lain

Menulis ulang artikel (rewrite) adalah bagian dari penulisan artikel. Namun seorang penulis yang hebat selalu menulis dari awal dengan pengetahuan mereka sendiri dan dengan penelitian yang mendalam.

Untuk menulis sebuah konten artikel, kita memiliki dua pilihan

  • Menulis konten artikel fresh sesuai pengetahuan dan penelitian kita sendiri.
  • Tulis ulang artikel (rewrite) namun dengan kata-kata kita sendiri.

Opsi pertama memang jauh lebih baik, tetapi seringkali ada kesulitan-kesulitan karena opsi ini butuh pengetahuan dan penelitian yang mendalam.

Opsi kedua – menulis ulang artikel dengan kata-kata sobat sendiri. Banyak sekali para blogger handal menulis ulang namun mempunyai konten artikel yang malah lebih berkualitas dari sumber artikel yang mereka rewrite, karena ada tambahan-tambahan ide pada artikel yang tidak ada pada blog sumber yang direwrite.

Menulis Ulang Artikel dari Website Lain Bukan Berarti Copy-Paste

Banyak sekali terutama para pemula, hanya melakukan rewrite artikel namun caranya kurang tepat mereka menulis ulang setiap kalimat satu per satu, dengan struktur kalimat hampir sama persis dan hanya mengubah kata-kata dengan kata sinonim dan tidak ada tambahan ide pada artikel. Cara itu bisa juga, namun cenderung akan sama dengan website yang direwrite tersebut dan mesin pencari seperti google akan tahu sehingga konten sobat akan susah naik peringkat di mesin pencari.

Cara Menulis Ulang Konten

Berikut adalah lima tips dan strategi untuk menulis ulang konten, yang akan mempercepat dan memudahkan sobat menulis konten artikel untuk di-posting di blog atau website sobat:

1. Copy Ide, Bukan Kata
Yang harus dipahami dalam rewrite artikel adalah hanya mencopy ide-nya, bukan mencopy artikelnya. Bacalah seluruh artikel paragraf demi paragraf dan pahami isi dalam setiap paragraf, jika sudah paham betul, selanjutnya tulis paragraf demi paragraf dengan kata-kata sobat sendiri tanpa melihat konten yang di rewrite.

2. Tulis ulang Paragraf demi Paragraf, Bukan Kalimat Demi Kalimat
Supaya sobat tidak bergantung pada setiap kata-kata yang digunakan di sumber artikel yang di-rewrite, bacalah satu paragraf bukan perkalimat.

Jika sudah tahu apa yang disampaikan dalam paragraf, gunakan pemikiran sobat untuk menulis paragraf tersebut dengan kata-kata sendiri, silahkan coba dan hasilnya akan bagus bahkan bisa lebih baik dengan sumbernya.

3. Tempatkan Di bawah Paragraf dan Kerjakan
Saat sobat akan rewrite artikel, salah satu strategi yang saya gunakan untuk menulis ulang konten dengan cepat adalah copy-paste dulu seluruh artikel di Microsoft word, selanjutnya sobat menulis sebuah paragraf dengan kata-kata sobat di atas setiap paragraf yang akan di rewrite. Dengan scroll kebawah sobat bisa melihat sekilas ke paragraf yang akan di rewrite karena ini bisa mempercepat dan memudahkan sobat supaya bisa melihat ide paragraf, juga menghindari jika ada kesamaan dalam paragraf yang tidak di sengaja.

Setelah sobat yakin konten sobat unik, sobat bisa menghapus paragraf dari konten asli dan beralih untuk me-rewrite paragraf-paragraf berikutnya.

4. Jangan Takut Melakukan Perubahan
Walau sobat menulis ulang artikel bukan berarti sobat menulis ulang seluruhnya, sobat bisa menambahkan ide-ide baru sobat dan bahkan sobat bisa mengubah jika isi pada kalimat atau paragraf yang sobat tidak sepakat dengan isi artikel yang di-rewrite.

Jadi intinya artikel yang di-rewrite adalah hanya referensi tidak perlu ide dan isi harus sama dengan artikel asli nya.

5. Jika Ragu, Tambahkan Lagi
Terakhir, Jika sobat khawatir dengan tulisan akan terlihat seperti hasil jiplakan dari artikel lain, maka sobat bisa menambahkan beberapa artikel lain sebagai sumber konten rewrite misal minimal ambil 3 sumber untuk di jadikan 1 artikel yang berkualitas sobat.

Banyak sekali yang bisa sobat tambahkan pada artikel sobat dengan ide-ide sobat sendiri dan ini akan lebih berkualitas dari artikel aslinya.

Rewrite Sangat Menarik

Jika sobat sudah lama dan terbiasa menulis konten, manfaatnya, sobat bisa menulis tanpa perlu lagi menulis ulang (rewrite) lagi.

Dengan pengalaman menulis kemungkinan besar sobat bisa menulis dengan pengetahuan sobat sendiri, serta sobat akan mampu untuk meneliti dengan cepat sehingga bisa menghindari merujuk ke konten lain.

Menarik nya, jika cara Rewrite yang baik sudah dikuasai, tidak menutup kemungkinan sobat bias membuka jasa tulis artikel, tentunya dengan pengetahuan dan pengalaman, sobat bisa rewrite artikel dengan cepat dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *