5 Metode: Cara Memperbaiki Windows Update Error 0x80070003

Cara Memperbaiki Windows Update Error 0x80070003, Pengguna Windows dihadapkan dengan Windows Update Error dari waktu ke waktu. Tidak ada Error khusus yang ditampilkan saat menggunakan Windows Update. Tergantung pada alasannya, komputer Sobat mungkin menampilkan berbagai Error dari waktu ke waktu.

Akhir-akhir ini, banyak pengguna melaporkan bahwa mereka menerima Error 0x80070003 saat update perangkat Windows 10 mereka. Error 0x80070003 hanya muncul saat Windows Update tidak dapat download atau menginstal update untuk perangkat Sobat.

Namun Sayang, Microsoft tidak memberitahu tentang Error tersebut. Muncul pesan Error yang meminta Sobat untuk mencoba update Windows lagi. Jika Sobat memiliki bandwidth internet terbatas, Error ini dapat menghabiskan semua data Sobat dan membuat Sobat frustasi.

Perbaiki Windows Update Error 0x80070003

Jadi, jika Sobat tidak bisa update komputer Windows 10 karena Error 0x80070003, Sobat telah mendarat di halaman yang tepat. Di bawah ini, kami telah berbagi beberapa cara untuk memperbaikinya Windows Update Error 0x80070003. Jadi Mari kita mulai.

1. Run the Update Troubleshooter

Windows 10 menyediakan Update Troubleshooter yang mengklaim dapat menyelesaikan berbagai masalah dan error yang mencegah Sobat Windows Update. Sobat dapat menjalankan Update Troubleshooter untuk menemukan dan memperbaiki masalah secara otomatis. Inilah yang perlu Sobat lakukan.

Untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter, klik Pencarian Windows dan ketik Control Panel. Selanjutnya, buka Control Panel dan pilih ‘System and Security’. Pada Sistem dan keamanan, klik pada ‘Fix Problems with Windows Updates‘.

Ini akan menjalankan Windows Update troubleshooter. Sobat perlu memeriksa ‘Apply repairs automatically’ dan klik pada ‘Run as Administrator‘. Setelah selesai, klik tombol Next.

Demikian! Sekarang Windows Update Troubleshooter akan berjalan dan akan mencoba update perangkat Sobat. Jika menemukan masalah dengan alat Windows Update, itu akan diperbaiki secara otomatis. 

Artikel Terkait:  2 Cara Membuka Word Tanpa Microsoft Office di Windows 10

2. Nonaktifkan Sementara Windows Defender

Banyak pengguna mengklaim untuk memperbaiki error 0x80070003 dengan cara menonaktifkan Windows Defender. Meskipun Sobat tidak dapat sepenuhnya mematikan Windows defender, Sobat dapat menonaktifkan firewall dan opsi pemindaian waktu nyata. Berikut cara menonaktifkan defender Windows.

1. Klik Pencarian Windows dan ketik ‘Windows Security‘. Selanjutnya, buka aplikasi Windows Security.

2. Pada Windows Security, klik pada Virus & threat protection.

3. Pada layar Apply repairs automatically, klik tombol ‘Manage Settings‘.

4. Selanjutnya, nonaktifkan opsi berikut:

• Real-time Protection

• Cloud-delivered Protection

• Automatic Sample Submission

• Tamper Protection

Demikian! Setelah menonaktifkan empat opsi diatas, coba Sobat run kembali alat Windows Update. Seharusnya Sobat tidak akan melihat kembali Error 0x80070003.

3. Run SFC and DISM command

Perintah SFC dan DISM memindai akan memperbaiki file instalasi sistem yang rusak. Error 0x80070003 selama Windows Update bisa muncul karena kerusakan file sistem juga. Karenanya, Sobat dapat mencoba menjalankan kedua perintah ini untuk memperbaiki masalah.

1. Klik pencarian Windows dan ketik Command Prompt. Selanjutnya, klik kanan pada Command Prompt dan pilih ‘Run as administrator‘.

2. Saat Command Prompt terbuka, ketik: sfc /scannow dan tekan Enter.

3. Perintah di atas akan menjalankan alat System File Checker. Alat ini akan memindai dan memperbaiki semua file sistem yang rusak.

4. Jika perintah SFC masih error, jalankan perintah DISM:

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Demikian! Ini adalah bagaimana Sobat menjalankan perintah SFC dan DISM pada sistem operasi Windows untuk mengatasi error 0x80070003.

4. Restart Windows Update Components

Karena Windows 10 Sobat tidak dapat menginstal update tertentu, Sobat dapat restart update components. Sangat mudah untuk me-restart komponen Windows Update, jadi ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Artikel Terkait:  Kesalahan memindahkan file selama transfer file di Windows 10

1. Pertama, buka Command Prompt dengan hak administratif.

2. Saat Command Prompt terbuka, jalankan perintah satu per satu

• net stop wuauserv

• net stop cryptSvc

• net stop bits

• net stop msiserver

• Ren C:WindowsSoftwareDistribution SoftwareDistribution.old

• Ren C:WindowsSystem32catroot2 Catroot2.old

• net start wuauserv

• net start cryptSvc

• net start bits

• net start msiserver

3. Setelah selesai, buka Windows Update dan periksa kembali updatenya.

Demikian adalah bagaimana Sobat dapat memulai ulang komponen update di komputer Windows.

5. Instal Windows Update Secara Manual

Di Windows 10 dan 11, Sobat bisa mengunduh & menginstal Windows Update secara manual. Sobat dapat cara ini jika semua metode sebelumnya gagal menyelesaikan Windows Update Error 0x80070003.

Sobat hanya perlu mengetahui versi terbaru (build, versi, dll.), yang gagal diunduh & dipasang di perangkat Sobat. Jika Sobat mengetahuinya, Sobat harus menuju ke Microsoft Update Catalog situs web dan unduh paket update.

Setelah diunduh, Sobat dapat menginstalnya langsung di perangkat Sobat dan restart. 

Selesai, diatas adalah cara terbaik dan sederhana untuk memperbaiki Windows Update Error 0x80070003. Jika memerlukan bantuan lebih lanjut untuk memperbaiki Error 0x80070003 di Windows, beri tahu kami di komentar.

Demikian Artikel Cara Memperbaiki Windows Update Error 0x80070003, jika artikel itu membantu Sobat, pastikan untuk membaginya dengan teman-teman Sobat.

You May Also Like