5 Tool Terbaik Untuk Cek Kinerja Website [Down atau Tidak]

Browser website berfungsi untuk mengakses langsung ke dunia internet. Anda hanya perlu membuka web browser favorit Anda, ketik URL pada bilah alamat, dan tekan tombol Enter. Jika situs yang dituju tidak ada maka Anda bisa Cek status Kinerja Website

Membuka situs website di peramban web cukup mudah jika semuanya berjalan dengan baik, tetapi bisa juga membuat frustasi jika salah satu situs favorit atau website Anda sendiri gagal dibuka.

Situs web gagal dimuat karena berbagai alasan seperti internet tidak berfungsi, masalah sisi server, masalah browser web, dll. Meskipun masalah browser dan internet dapat dengan mudah diperbaiki pada Windows, Namun ketika situs memiliki masalah pada server, maka kamu tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menunggu sampai server kembali normal.

Tool Terbaik Untuk cek Kinerja Website

Jika situs web yang Anda kunjungi tidak dapat diakses, maka langkah pertama adalah memastikan bahwa situs tersebut aktif dan berfungsi. Jika ini masalah pada server, maka tidak bisa dibuka oleh semua orang.

Pada postingan kali ini, kami akan berbagi daftar situs web terbaik yang akan membantu Anda memeriksa dan mengonfirmasi apakah situs tersebut bermasalah untuk semua orang atau hanya Anda sendiri.

1. Google PageSpeed ​​Insights

Cek Status Kinerja Website
Google PageSpeed ​​Insights

Google PageSpeed ​​Insights adalah alat untuk memeriksa kecepatan situs web yang dikembangkan oleh Google. Alat ini sebagian besar digunakan untuk menganalisa situs web, dengan kelebihannya yaitu memberikan saran untuk mempercepat situs web.

Untuk memeriksa apakah ada situs tertentu yang naik atau turun, Anda hanya perlu memasukan URL pada Google PageSpeed ​​Insights dan kemudian klik tombol ‘Analyze‘. Jika situs web sedang down, Google PageSpeed ​​Insights akan melaporkan The website specified cannot be reached atau ‘Situs web tidak dapat dijangkau’

Artikel Terkait:  Kenapa Orang Berhenti Blogging - Penyebab Gagal Jadi Blogger

2. GTmetrix

Cek Status Kinerja Website
GTmetrix

GTmetrix sangat mirip dengan Google PageSpeed ​​Insights yaitu alat untuk cek kinerja situs web yang menggunakan PageSpeed ​​dan YSlow untuk menilai situs web Anda.

Hanya memasukkan URL di kotak pencarian GTmetrix dan klik tombol ‘Test you site’. Jika GTmetrix gagal mengakses situs, Anda akan mendapatkan pesan error analisys, yang berarti bahwa situs tersebut tidak dapat diakses.

3. IsitDownRightNow

Cek Status Kinerja Website
IsitDownRightNow

IsitDownRightNow adalah situs web terbaik lain untuk memantau status situs web favorit Anda dan memeriksa apakah situsnya down atau tidak.

Mudah digunakan, hanya masukan URL di kotak pencarian dan klik ‘Check‘. Jika situs sedang down, maka Anda akan diberitahu. Ini juga memungkinkan Anda memeriksa grafik waktu respons dan komentar pengguna.

4. Uptrends

Cek Status Kinerja Website
Uptrends

Uptrends adalah salah satu situs terbaik yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah sebuah situs naik atau turun. Uptrends dikembangkan untuk para webmaster dan untuk membantu mereka mengetahui apakah situs mereka dalam skala global atau hanya di kawasan.

Uptrends memeriksa sebuah situs web dengan 221 pos pemeriksaan yang berbeda. Setiap pos pemeriksaan mencari respons yang berhasil, melacak waktu, dan menghasilkan laporan.

5. Down For Everyone Or Just Me

Cek Status Kinerja Website
Down For Everyone Or Just Me

Jika ingin yang lebih ringan dan mudah digunakan untuk memeriksa apakah situs web down atau tidak, maka Anda harus mencoba Down For Everyone Or Just Me.

Sama seperti yang lain, Anda hanya perlu memasukkan nama domain ke kotak kosong yang ditemukan di antara kata ‘is’ dan ‘down’. Setelah selesai, tekan tombol enter dan itu akan memberi tahu apakah situs web yang dicari turun atau naik.

Artikel Terkait:  8 Tips untuk Menulis Posting Blog yang Lebih Baik pada tahun 2020

Demikian, adalah lima Tool Terbaik Untuk Cek Status Kinerja Website [Naik atau Turun] secara online. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *