6 Langkah Jitu Memulai Bisnis Dropship

Dropship adalah kegiatan menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu, kita akan membeli produk saat produk yang kita jual ada pembeli yang sudah membayar, jadi posisinya sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

Keunggulan menjadi dropshiper diantaranya:

  • Tidak perlu menyetok barang
  • Tidak perlu packing dan melakukan pengiriman
  • Resiko kerugian kecil
Kadang ada beberapa supplier akan memberikan persyaratan tertentu kepada dropshiper yang akan menjadi anggotanya, seperti membayar sejumlah uang dan lain-lain, namun jangan khawatir karena banyak juga supplier yang menyediakan barang untuk dropship tanpa persyaratan apapun.
Berikut adalah 5 langkah untuk memulai bisnis dropship
Langkah 1: Lokasi Pengiriman
Untuk memulai menjadi dropshiper, menentukan lokasi pengiriman menjadi penting, karena ini akan berpengaruh pada ongkos kirim saat kita mengirim barang pesanan.
Misalkan : Jika lokasi pengiriman kita dari Jakarta maka carilah supplier yang berdomisili di Jakarta, karena ongkos kirim akan sama kemanapun pengirimanannya.
Bisa saja kita mencari supplier di semua kota, jadi ketika ada pembeli, kita tinggal pilih supplier di kota terdekat dengan pembeli, karena ini akan meringankan ongkos kirim.  
Jika misalkan saat pengiriman kita dari Jakarta lalu ada pembeli dari surabaya, syukur-syukur kita mendapatkan supplier dari surabaya maka keuntungan kita tambah banyak karena ongkos kirim yang berkurang.

Langkah 2: Jasa Pengiriman / Kurir

Sebagai dropshiper sebaiknya menggunakan satu jasa pengiriman saja yaitu JNE saja,  karena untuk sekarang JNE lebih umum digunakan oleh para supplier yang menyediakan dropship, maka dengan satu jasa pengiriman tidak akan merepotkan Anda dalam perbedaan jasa kurir pengiriman, contoh : jika kita menggunakan banyak kurir, misal pembeli memilih menggunakan wahana express sementara supplier kita tidak menyediakan pengiriman dengan jasa tersebut, maka kita harus menambah sedikit untuk ongkos kirim karena wahana express biasanya lebih murah dari JNE.

Langkah 3: Tentukan Produk
Kita harus tahu apa yang ingin kita jual. Mulailah dengan memfilter produk dari supplier dan pilihlah beberapa item produk yang menarik sesuai minat Kita.
Kita bisa mencari produk dari marketplace seperti : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee, kenapa saya rekomendasikan 3 marketplace tersebut karena ketiga marketplace ini merupakan market online terbesar dan terpopuler di Indonesia, dari tangan pertama sampai tangan ke sepuluh ada di marketplace ini, hehe. Jadi pintar-pintarlah memilih produk disini.
Langkah 4: Tentukan Supplier
Usahakan mempunyai berapa supplier yang berbeda.
Carilah supplier yang memiliki banyak pengalaman dalam pengiriman barang dropship dan yang mengerti pentingnya mengirimkan barang dengan tepat pada waktunya.
Sebelum mencapai kesepakatan dengan dengan supplier, tak ada salahnya tanyakan hal ini:
  1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya pesanan dikirimkan saat Kita memesannya?
  2. Metode pengiriman apa yang mereka tawarkan? Misalnya menggunakan : JNE yes, reguler, OK atau jasa kurir lainnya.
  3. Bagaimana sistem kontrol kualitas mereka? Karena jika kualitas barang cacat atau jelek, itu akan merepotkan kita dalam hal reture / pengembalian barang, dan itu  akan menghabiskan banyak waktu.
  4. Bolehkah Kita menggunakan foto produk supplier? Karena grosir besar biasanya memiliki foto produk profesional yang akan membuat daftar barang yang kita jual terlihat lebih profesional.
Langkah 5: Pilihlah platform penjualan
Untuk memasarkan produk, kita bisa menggunakan media sosial terpopuler seperti : facebook, twitter, instagram, telegram, WhatsApp dan lain-lain.
Pemasaran juga bisa dilakukan melalui situs marketplace seperti : tokopedia, bukalapak, shopee atau iklan baris terpopuler seperti OLX.
Selain itu, untuk memasarkan produk dropship, Anda bisa membuat website toko online atau bahkan website eCommerce pribadi.
Langkah 6: Kelola Daftar Produk 

Ketika kita menjadi dropshiper kita harus membuat list daftar produk bisa menggunakan microsoft excel, catatlah nama toko supplier, alamat supplier, nama produk dan harga produk, link produk jika ada, karena itu akan memudahkan kita mencari produk saat produk kita ada yang membeli.

Artikel Terkait:  5 Cara Memperbaiki DNS server Isn’t responding

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *