Cara Membuat Template Single Post Kustom di WordPress

Apakah Anda ingin membuat templat posting tunggal khusus di WordPress?

Templat posting tunggal khusus memungkinkan Anda untuk menggunakan tata letak yang berbeda untuk posting blog Anda masing-masing. Banyak tema WordPress datang dengan beberapa templat halaman yang berbeda, dan Anda juga dapat membuat sendiri jika diperlukan.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mudah membuat templat posting tunggal khusus di WordPress. Kami akan membagikan banyak metode, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

catatan: Tutorial ini mengharuskan Anda untuk mengedit file tema WordPress. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, lihat tutorial kami tentang cara menyalin dan menempelkan kode di WordPress.

Kapan Anda Membutuhkan Templat Posting Tunggal Kustom?

Terkadang Anda mungkin menginginkan tampilan dan nuansa berbeda untuk posting tertentu di situs web Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakan tata letak yang berbeda untuk artikel atau cerita yang ditampilkan dalam kategori tertentu.

Di sinilah Anda membutuhkan templat posting tunggal khusus di WordPress.

Secara default, WordPress menggunakan templat posting tunggal berdasarkan hierarki templat WordPress. Semua tema dilengkapi dengan template single.php yang digunakan sebagai default untuk semua posting tunggal Anda.

Beberapa tema juga dapat menyertakan templat tambahan atau pilihan tata letak yang dapat Anda gunakan.

Ini sangat mirip dengan membuat templat halaman kustom. Sebagian besar tema WordPress juga dilengkapi dengan templat halaman yang dapat Anda gunakan saat mengedit halaman di WordPress.

Memilih templat halaman

Karena itu, mari kita lihat bagaimana cara mudah membuat templat posting tunggal khusus di WordPress. Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode, sehingga Anda dapat menggunakan metode yang paling cocok untuk Anda.

Membuat Template Posting Tunggal di WordPress menggunakan The Block Editor

Metode ini tidak benar-benar membuat templat posting dan fleksibilitasnya terbatas. Namun, ini adalah cara termudah untuk menyimpan tata letak posting Anda sendiri dan kemudian menggunakannya kembali.

Editor blok WordPress default dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menyimpan dan menggunakan kembali blok. Salah satu blok yang dapat digunakan kembali seperti itu disebut blok Grup.

Blok grup pada dasarnya memungkinkan Anda untuk menempatkan beberapa blok dan seluruh tata letak pos ke dalam satu grup. Anda kemudian dapat menyimpan blok grup ini dan menggunakannya kembali di posting Anda yang lain.

Mari kita lihat bagaimana cara menggunakan blok grup untuk menyimpan templat posting khusus Anda.

Pertama, Anda perlu membuat posting baru di WordPress. Setelah itu, cukup tambahkan blok grup ke area konten.

Tambahkan blok grup

Sekarang Anda dapat mulai menambahkan blok ke blok grup untuk membuat tata letak satu posting. Anda dapat menambahkan blok apa pun yang Anda inginkan termasuk kolom, media dan teks, gambar sampul, dan banyak lagi.

Tambahkan blok ke grup

Setelah Anda puas dengan tata letak yang Anda buat, Anda perlu mengambil mouse Anda dan memilih blok grup. Klik ikon menu tiga titik dan kemudian pilih opsi ‘Tambahkan ke Blok yang Dapat Digunakan Kembali’.

Tambahkan blok yang dapat digunakan kembali

Selanjutnya, Anda perlu memberikan nama untuk blok yang dapat digunakan kembali dan kemudian klik tombol Simpan. WordPress sekarang akan menyimpan blok yang dapat digunakan kembali termasuk semua blok di dalam blok grup.

Anda kemudian dapat mengedit setiap posting yang ada di situs web Anda atau membuat yang baru. Pada layar edit posting, cukup klik pada tombol tambah blok baru dan cari blok Anda yang disimpan di bawah blok yang dapat digunakan kembali.

Artikel Terkait:  Cara Membuat Halaman Kontak Blog Menarik

Gunakan kembali blokir

Tambahkan blok ke posting Anda dan WordPress akan memuat seluruh blok grup Anda dengan semua blok dan pengaturan saat Anda menyimpannya.

Metode ini memungkinkan Anda untuk menyimpan tata letak khusus Anda. Namun, itu tidak memungkinkan Anda untuk mengubah bagaimana tema Anda menangani posting tunggal.

Jika Anda menginginkan fleksibilitas yang lebih besar maka lanjutkan membaca.

Membuat Template Posting Tunggal Kustom di WordPress Menggunakan Beaver Builder

Cara termudah untuk membuat templat posting tunggal tersuai adalah dengan menggunakan Beaver Builder. Ini adalah plugin pembuat halaman WordPress terbaik di pasar dan memungkinkan Anda untuk membuat templat posting tanpa menulis kode apa pun atau memodifikasi tema WordPress Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Beaver Builder. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Pengaturan »Beaver Builder halaman dan beralih ke tab lisensi untuk memasukkan kunci lisensi Anda.

Kunci lisensi Beaver Builder

Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di situs web Beaver Builder.

Secara default, Beaver Builder diaktifkan untuk Halaman di WordPress. Anda perlu membuatnya tersedia untuk posting juga.

Untuk melakukannya, alihkan ke tab Jenis Tulisan di bawah Pengaturan »Beaver Builder halaman. Dari sini Anda perlu mencentang kotak di sebelah opsi ‘Posting’.

Aktifkan Beaver Builder untuk posting

Jangan lupa mengklik tombol ‘Simpan Jenis Posting’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Sekarang semuanya sudah diatur, mari kita membuat templat posting khusus.

Cukup buat posting baru di WordPress dan di layar edit posting klik tombol ‘Luncurkan Beaver Builder’.

Luncurkan Beaver Builder

Ini akan membuka antarmuka Beaver Builder dengan pratinjau langsung situs web Anda. Anda dapat mulai menambahkan modul dan baris ke tata letak yang ada dengan mengeklik tombol Tambah di sudut kanan atas layar.

Anda juga dapat memilih templat sebagai titik awal. Bahkan ada template kosong untuk memberi Anda batu tulis bersih untuk memulai.

Pilih template Beaver Builder

Setelah memilih templat, Anda dapat mengeditnya dengan titik dan klik sederhana. Anda juga dapat menambahkan baris dan kolom dan mengisinya dengan modul dan elemen untuk membuat template tata letak khusus Anda.

Menambahkan modul Beaver Builder

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan modul yang berbeda dan bermain-main dengan pengaturannya.

Setelah Anda membuat sesuatu yang ingin Anda gunakan sebagai templat posting Anda. Saatnya untuk menyimpannya.

Beaver Builder memungkinkan Anda menyimpan tata letak sebagai templat dan menggunakannya kembali dengan pos lain. Cukup klik pada menu di sudut kanan atas layar dan pilih Simpan Template.

Simpan template posting Beaver Builder kustom Anda

Anda akan diminta untuk memberikan nama untuk templat Anda. Setelah itu klik pada tombol Simpan untuk menyimpannya.

Beri nama dan simpan templatnya

Sekarang, mari kita lihat cara menggunakan templat posting khusus ini saat membuat posting.

Cukup edit posting atau buat yang baru lalu luncurkan Beaver Builder untuk mengedit posting.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik tombol Add di sudut kanan atas layar dan kemudian beralih ke tab Template. Dari sini Anda perlu memilih ‘Template Tersimpan’ dari menu dropdown Grup.

Muat template khusus Anda

Beaver Builder sekarang akan memuat tata letak khusus tersimpan dan Anda kemudian dapat mulai menambahkan konten untuk artikel baru Anda.

Menggunakan Pengaturan Tema untuk Tata Letak Pos Tunggal Kustom

Banyak tema WordPress populer dilengkapi dengan pengaturan bawaan untuk menyesuaikan tampilan templat posting tunggal Anda.

Artikel Terkait:  Cara Membuat Formulir Pemesanan Online di WordPress (Langkah demi Langkah)

Jika tema Anda mendukung pengaturan ini, maka Anda akan dapat menemukannya di layar edit posting. Opsi yang tersedia dapat berubah tergantung pada tema yang Anda gunakan.

Misalnya, ini adalah bagaimana tema Astra menawarkan opsi penyesuaian ketika mengedit satu posting.

Kustomisasi single post template tema Astra

Dengan menggunakan opsi ini, Anda dapat mengubah bilah sisi, menyembunyikan tajuk, judul, menu, dan lainnya.

Di sisi lain, banyak tema WordPress teratas dilengkapi dengan template siap pakai yang dapat Anda gunakan.

Jika tema Anda menyertakan templat posting tunggal, maka Anda akan menemukannya di bawah tab Atribut Posting saat mengedit posting.

Memilih template saat menulis satu posting

Templat ini adalah tata letak lengkap yang dapat Anda gunakan.

Secara Manual Membuat Templat Posting Tunggal Kustom di WordPress

Metode ini sedikit maju karena mengharuskan Anda untuk mengedit file tema, menyalin dan menempel kode, dan opsional menambahkan CSS kustom.

Pertama, Anda perlu membuka editor teks biasa di komputer Anda seperti Notepad dan rekatkan kode berikut di dalamnya:

1
2
3
4
5
6
7
<?php
/*
 * Template Name: Featured Article
 * Template Post Type: post, page, product
 */
 
 get_header(); 
%MCEPASTEBIN%

Kode ini mendefinisikan template baru yang disebut Featured Article dan membuatnya tersedia untuk jenis posting, halaman, dan posting produk.

Anda dapat menyimpan file ini sebagai wpb-single-post.php di desktop Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengunggahnya ke folder tema WordPress Anda saat ini menggunakan klien FTP.

Setelah itu, Anda dapat masuk ke area admin WordPress Anda dan membuat atau mengedit posting. Gulirkan sedikit ke bawah pada layar edit posting, dan Anda akan melihat kotak meta Post Attributes baru dengan opsi untuk memilih templat.

Pilih template kiriman khusus Anda

Anda akan melihat templat khusus ‘Artikel Unggulan’ tercantum di sana.

Saat ini template Anda pada dasarnya kosong sehingga memilihnya hanya akan menampilkan layar putih.

Mari kita perbaiki ini.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menyalin kode dari file single.php tema Anda dan menggunakannya sebagai titik awal.

Buka file single.php dan kemudian salin semuanya setelah get_header() baris.

Rekatkan kode ini di wpb-single-post.php file di akhir. Sekarang Anda dapat menyimpan file ini dan mengunggahnya kembali ke server Anda.

Namun, ini akan terlihat persis sama dengan templat posting tunggal Anda saat ini. Anda sekarang dapat mulai membuat perubahan pada templat posting tunggal khusus Anda.

Anda dapat menambahkan kelas CSS kustom Anda sendiri, menghapus bilah sisi, membuat templat lebar penuh atau apa pun yang Anda inginkan.

Buat Template Single Post Kustom Berdasarkan Kategori

Ingin menggunakan templat posting tunggal khusus berdasarkan kategori? Misalnya, kiriman dalam kategori perjalanan dapat memiliki tata letak yang berbeda dari kiriman dalam fotografi.

Inilah cara Anda dapat melakukannya.

Pertama, Anda perlu menambahkan kode ini ke file functions.php tema Anda atau plugin khusus situs.

/*
* Define a constant path to our single template folder
*/
define(SINGLE_PATH, TEMPLATEPATH . '/single');

/**
* Filter the single_template with our custom function
*/
add_filter('single_template', 'my_single_template');

/**
* Single template function which will choose our template
*/
function my_single_template($single) {
global $wp_query, $post;

/**
* Checks for single template by category
* Check by category slug and ID
*/
foreach((array)get_the_category() as $cat) :

if(file_exists(SINGLE_PATH . '/single-cat-' . $cat->slug . '.php'))
return SINGLE_PATH . '/single-cat-' . $cat->slug . '.php';

elseif(file_exists(SINGLE_PATH . '/single-cat-' . $cat->term_id . '.php'))
return SINGLE_PATH . '/single-cat-' . $cat->term_id . '.php';

endforeach;
}

Kode ini pertama memeriksa untuk melihat apakah WordPress meminta satu posting. Jika ya, maka ia memberitahu WordPress untuk mencari template di / single / folder tema WordPress Anda.

Sekarang Anda perlu menambahkan file template yang ditentukan oleh kode ini.

Hubungkan ke hosting WordPress Anda menggunakan klien FTP atau File Manager di cPanel dan pergi ke / wp-content / themes / your-theme-folder /.

Di dalam folder tema Anda saat ini, Anda perlu membuat folder baru yang disebut ‘tunggal’.

Sekarang Anda perlu membuka folder ini dan membuat file baru di dalamnya. Silakan beri nama file ini single-cat- {kategori-slug}. Ganti {kategori-siput} dengan siput kategori Anda yang sebenarnya.

Misalnya, jika Anda memiliki kategori yang disebut ‘Berita’, maka Anda akan membuatnya single-cat-news.php mengajukan. Jika Anda memiliki kategori yang disebut ‘Tips Perjalanan’, maka buat templat single-cat-travel-tips.php, dan seterusnya.

Membuat templat posting tunggal untuk kategori

Sekarang, file templat ini akan benar-benar kosong. Sebagai titik awal, Anda dapat menyalin konten file single.php Anda dari folder tema Anda dan menempelkannya di dalam masing-masing template ini.

Setelah itu, Anda dapat mengedit template ini untuk membuat perubahan yang Anda inginkan.

Setelah selesai, Anda dapat pergi ke situs web Anda dan melihat posting. Ini akan menggunakan templat yang telah Anda buat untuk kategori tempat posting ini diajukan.

Sekarang anggap Anda memiliki kiriman yang diajukan dalam dua kategori Berita dan Kiat Perjalanan. WordPress akan secara otomatis menampilkan templat untuk ‘Berita’ karena muncul pertama kali dalam urutan abjad.

Di sisi lain, jika Anda mengajukan kiriman dalam kategori dan tidak membuat templat untuk kategori itu, maka WordPress akan mundur ke templat single.php default tema Anda.

Buat Templat Posting Tunggal Kustom untuk Penulis Tertentu

Misalkan Anda ingin posting yang ditulis oleh penulis tertentu terlihat berbeda di situs web Anda. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan teknik yang sama yang kami tunjukkan untuk kategori.

Pertama, Anda perlu menambahkan kode ini ke file functions.php tema Anda atau plugin khusus situs.

/**
* Define a constant path to our single template folder
*/
define(SINGLE_PATH, TEMPLATEPATH . '/single');

/**
* Filter the single_template with our custom function
*/
add_filter('single_template', 'my_single_author_template');

/**
* Single template function which will choose our template
*/
function my_single_author_template($single) {
global $wp_query, $post;

/**
* Checks for single template by author
* Check by user nicename and ID
*/
$curauth = get_userdata($wp_query->post->post_author);

if(file_exists(SINGLE_PATH . '/single-author-' . $curauth->user_nicename . '.php'))
return SINGLE_PATH . '/single-author-' . $curauth->user_nicename . '.php';

elseif(file_exists(SINGLE_PATH . '/single-author-' . $curauth->ID . '.php'))
return SINGLE_PATH . '/single-author-' . $curauth->ID . '.php';

}

Selanjutnya, Anda perlu terhubung ke situs web Anda menggunakan FTP atau File Manager di cPanel dan kemudian pergi ke / wp-content / themes / your-theme-folder /.

Jika Anda belum membuat folder bernama / tunggal / di dalamnya, maka mari kita lanjutkan dan buat sekarang.

Di dalam folder ini, Anda perlu membuat templat menggunakan nama pengguna penulis dengan nama templat. Misalnya, penulis-tunggal-johnsmith.php.

Template ini akan kosong, sehingga Anda dapat menyalin dan menempelkan konten template single.php tema Anda dan menggunakannya sebagai titik awal.

Anda sekarang dapat mengunjungi situs web Anda untuk melihat posting yang dibuat oleh penulis tertentu. Sekarang akan menggunakan template yang Anda buat.

Itu saja untuk saat ini.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara membuat templat posting tunggal tersuai di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat artikel kami tentang cara membuat tema WordPress khusus dari awal tanpa menulis kode apa pun.

.

source link

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *