7 Cara Memperbaiki Youtube Error – Renderer Audio Error

Memperbaiki Youtube Error - Renderer Audio Error

YouTube merupakan situs streaming video terpopuler. Jika Dibandingkan dengan situs video lain, YouTube memiliki lebih banyak konten. Meskipun YouTube biasanya bebas bug, namun banyak pengguna masih mengalami error saat menonton video di platform, maka Cara Mengatasi Youtube Error – Renderer Audio Error dibutuhkan..

Akhir ini, banyak pengguna mengeluh cara memperbaiki ‘Renderer Audio Error’ pada video YouTube. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas semua tentang cara Memperbaiki Youtube Error – Renderer Audio Error.

Bagaimana bisa Audio Renderer Error di YouTube?

Audio Renderer Error muncul saat mencoba memutar video di YouTube. Pengguna melihat layar kosong di pemutar video YouTube dengan kalimat Audio Renderer error. Please restart your computer.

Pesan kesalahan tidak terbatas hanya pada satu atau dua video; itu muncul setiap kali pengguna mencoba memutar video di situs. Juga, masalahnya tampaknya muncul di berbagai browser web seperti Opera, Edge, Firefox, dan bahkan di Google Chrome. Nah, Cara Memperbaiki Youtube Error – Renderer Audio Error.

Cara Memperbaiki Renderer Audio Error di YouTube

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesalahan penyaji audio di YouTube. Berikut ini, hal-hal yang diketahui bisa memicu Audio Rendered Error saat menonton video di YouTube.

  • Masalah Driver Audio
  • Masalah di browser web
  • Masalah di BIOS atau Versi BIOS Kedaluwarsa
  • File rusak (System File Corruption)

Ini adalah kemungkinan penyebab yang diketahui memicu Audio Rendered Error di YouTube. Di bawah ini, ada beberapa metode terbaik untuk Memperbaiki Youtube Error – Renderer Audio Error.

1) Cabut dan Pasang Kembali Headphone

Pasang kembali headphone

Banyak pengguna, bahwa Renderer Audio Error sudah tidak muncul setelah mencabut headphone dan mencolokkannya kembali. cara ini adalah langkah sederhana untuk diikuti, tetapi dapat memperbaiki masalah untuk Anda.

Artikel Terkait:  2 Cara Menemukan Profil Media Sosial Seseorang dengan Alamat Emailnya

Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah seperti Renderer Audio Error di YouTube, Anda perlu mencabut/memasang kabel headphone. Jika metode ini tidak berhasil untuk Anda, Anda perlu mencoba metode berikut.

2) Restart PC Windows 11 

Restart PC Anda

Jika Anda membaca pesan kesalahan dengan cermat, Anda akan menemukan bahwa Renderer Audio Error di YouTube itu sendiri mengatakan untuk me-restart komputer. Restart sederhana menghentikan semua proses latar belakang dan memungkinkan sistem Anda menjadi dingin.

Oleh karena itu, pastikan untuk me-restart PC Windows 11 Anda untuk mengatasi ‘Audio Renderer error. Silakan restart pesan kesalahan komputer Anda.

3) Perbarui Driver Audio Anda

Driver yang kedaluwarsa sering menjadi alasan umum untuk banyak kesalahan Windows. Jadi, hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki Audio Renderer Error di Windows 11 adalah memperbarui driver Audio Anda.

Terkadang, driver audio yang ketinggalan jaman menyebabkan ‘Audio Renderer error’; karenanya, Anda perlu memperbarui driver audio Anda untuk memperbaiki masalah audio YouTube. Untuk memperbarui driver Audio Anda, ikuti beberapa langkah sederhana yang dibagikan di bawah ini.

1. Buka pencarian Windows 11 dan ketik Device Manager. Selanjutnya, buka Device Manager dari daftar.

Pengaturan perangkat

2. Pada Pengelola Perangkat, klik ikon panah pada Sound, Video, and game controllers.

Pengontrol Suara, Video, dan game

3. Sekarang, klik pada Audio device dan pilih Update Driver.

Perbarui Driver

4. Pada Jendela yang muncul, klik pada Search automatically for drivers.

Cari driver secara otomatis

Selesai. Ini akan memperbarui driver Perangkat Audio di komputer Windows 11 Anda dan Memperbaiki Youtube Error – Renderer Audio Error.

4) Copot Pengandar Audio

Jika metode di atas gagal untuk memperbaiki masalah Anda, Anda perlu menghapus pengandar audio. Menghapus instalan driver audio akan memaksa Windows 11 untuk menginstal ulang driver audio selama restart, yang mungkin memperbaiki kesalahan untuk Anda.

Artikel Terkait:  Cara Membeli Tanah Virtual di Metaverse (Panduan Lengkap)

1. Pertama, buka pencarian Windows 11 dan ketik Device Manager. Selanjutnya, buka Device Manager dari daftar.

Pengaturan perangkat

2. Pada Pengelola Perangkat, perluas bagian Sound, Video, and game controllers.

Pengontrol Suara, Video, dan game

3. Sekarang, klik kanan pada perangkat Audio dan pilih Uninstall device.

Copot pemasangan perangkat

Selesai. Ini akan menghapus pengandar Audio. Setelah uninstall, restart PC Anda untuk menginstal ulang versi terbaru dari adaptor Audio Anda.

5) Aktifkan kembali Perangkat Audio

Jika metode yang kami bagikan di atas gagal untuk memperbaiki Kesalahan Renderer Audio YouTube di Windows, Anda perlu mengaktifkan kembali perangkat audio Anda. Cukup mudah untuk mengaktifkan kembali perangkat audio di Windows 11; ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini.

1. Pertama, buka pencarian Windows 11 dan ketik Device Manager. Selanjutnya, buka Device Manager dari daftar.

Pengaturan perangkat

2. Pada Device Manager, perluas Sound, Video, and game controllers.

Pengontrol Suara, Video, dan game

3. Sekarang, klik kanan pada perangkat Audio dan pilih Disable Device. Ini akan menonaktifkan perangkat audio.

Nonaktifkan Perangkat

4. Sekarang, tunggu beberapa menit, klik kanan pada Driver Audio, dan pilih Enable Device. Ini akan mengaktifkan perangkat audio lagi.

Aktifkan Perangkat

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat mengaktifkan kembali perangkat audio di sistem operasi Windows 11.

6) Jalankan Audio Troubleshooter

Jika semua metode gagal untuk memperbaiki Kesalahan Audio Renderer di YouTube, Anda perlu menjalankan Pemecah Masalah Audio. Ini kemungkinan besar akan memindai PC Anda untuk masalah terkait audio dan menyelesaikannya. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Pertama-tama, klik tombol Start Windows 11 dan pilih Settings.

Pengaturan

2. Pada aplikasi Pengaturan, klik System.

Sistem

3. Di panel kanan, klik pada Troubleshoot pilihan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Artikel Terkait:  Cara Pilih Produk Untuk Dropship dari Marketplace [ Tokopedia - Bukalapak – Sophee ]

Memecahkan masalah

4. Di bawah Troubleshoot, klik pada Other Troubleshooters.

Pemecah Masalah lainnya

5. Pada layar berikutnya, klik pada Run tombol di samping Playing Audio untuk menjalankan Pemecah Masalah Audio.

klik tombol Jalankan

6. Sekarang, Anda akan diminta untuk memilih perangkat audio. Secara sederhana pilih audio device yang Anda gunakan dan klik pada next tombol.

pilih perangkat audio

Sekarang Anda hanya perlu mengikuti petunjuk di layar yang ditampilkan oleh Pemecah Masalah Audio untuk memperbaiki kesalahan YouTube Audio Renderer / Renderer Audio Error pada Windows 11.

7) Perbarui BIOS

Meskipun ini bukan perbaikan pasti untuk kesalahan Audio Renderer di Windows 11, namun banyak pengguna mengklaim untuk menyelesaikan masalah dengan memperbarui firmware BIOS mereka. Untuk memperbarui firmware BIOS, Anda perlu mengunjungi situs web produsen motherboard/Laptop Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan Motherboard ASUS, Anda perlu mencari di Google ‘Asus (nama model & versi) pembaruan BIOS’. Anda akan menemukan banyak panduan, tetap dengan yang resmi dan ikuti itu untuk memperbarui firmware BIOS Anda.

Audio Renderer Error di YouTube dapat mengundang masalah, terutama jika Anda adalah pembuat video di YouTube.

Semoga metode ini bisa membantu Anda memperbaiki Renderer Audio Error youtube pada Windows 11. Jika artikel ini bisa membantu Anda.

You May Also Like