Cara Mudah Menambahkan Kode Custom di WordPress (tanpa Merusak Situs Anda)

Tak Jarang saat kita membaca tutorial tentang WordPress, kita mungkin diminta untuk menambahkan sedikit cuplikan kode khusus di file functions.php di tema atau di plugin. Dan bahayanya adalah bahwa kesalahan sekecil apa pun bisa merusak situs web. Nah pada artikel kali ini, kami akan berbagi cara mudah menambahkan kode custom di WordPress tanpa merusak situs Anda.

Masalah dengan Cuplikan Kode Kustom

Jika ada kesalahan bahkan kesalahan kecil dalam cuplikan kode khusus dapat merusak situs WordPress Anda dan mengakibatkan website tidak bisa diakses.

Masalah lainnya adalah jika menambahkan beberapa cuplikan kode di plugin, maka akan menjadi sulit untuk mengelola file.

Baru-baru ini saat mencari solusi, kami menemukan kemudahan bagi pengguna untuk menambahkan dan mengelola cuplikan kode kustom di WordPress.

Menambahkan Cuplikan Kode Kustom di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Code Snippets di situs Anda.

Setelah aktivasi, plugin akan tampil dengan nama Snippets dengan icon gunting pada dashbor WordPress Anda.

Untuk memasukan kode di snippets, silakan klik tombol Add New untuk menambahkan cuplikan kode kustom pertama Anda di WordPress.

Tambahkan cuplikan kode kustom baru

Ini akan membawa Anda ke halaman ‘Add New Snippet‘.

Pertama-tama tulis judul untuk cuplikan kode kustom Anda. dibuat untuk mempermudah anda untuk mencari kode. Setelah itu Anda bisa copy dan paste-kan potongan kode Anda ke dalam kotak kode.

Menambahkan cuplikan kode pertama Anda Menambahkan cuplikan kode

Pada tangkapan layar di atas, kami telah menambahkan cuplikan kode khusus untuk menghapus nomor versi WordPress.

function wpb_remove_version() {
return '';
}
add_filter('the_generator', 'wpb_remove_version');

Di bawah kotak kode, ada area teks untuk menambahkan deskripsi. di sini yang membantu Anda memahami fungsi kode ini, di mana Anda menemukannya, dan mengapa Anda menambahkannya ke situs web Anda.

Tambahkan deskripsi kode

Anda juga dapat menetapkan tag ke cuplikan kode. Untuk membantu Anda menyortir potongan kode berdasarkan topik dan fungsionalitas.

Artikel Terkait:  3 Langkah Sederhana Untuk Menjaga Data Pribadi Aman Saat Blogging

Terakhir, klik tombol ‘Save Changes and Activate‘.

Jika Anda hanya ingin menyimpan cuplikan kode dan tidak mengaktifkannya, Anda dapat mengklik tombol ‘Save Changes‘.

Anda juga dapat mengubah cakupan cuplikan kode. Anda dapat menjalankannya hanya di area admin WordPress, di front-end situs Anda, atau di mana saja. Jika Anda tidak yakin, biarkan opsi default ‘Jalankan cuplikan di mana saja’ dicentang.

Setelah Anda menyimpan dan mengaktifkan potongan kode, itu akan segera berlaku di situs Anda.

Menangani Kesalahan dalam Kode Kustom

Biasanya, jika ada kesalahan dalam menambahkan kode khusus di plugin atau file tema khusus situs, itu akan membuat situs Anda tidak dapat diakses.

Anda akan mulai melihat kesalahan sintaks atau kesalahan server internal 500 di situs Anda. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengurungkan kode Anda secara manual menggunakan klien FTP.

Kelebihan plugin Code Snippets adalah ia akan secara otomatis mendeteksi kesalahan sintaks dalam kode dan segera menonaktifkannya.

Penanganan error di cuplikan kode kustom Anda

Ini juga akan menampilkan pesan kesalahan yang membantu, sehingga Anda dapat men-debug kesalahan tersebut.

Mengelola Cuplikan Kode Kustom Anda

Plugin Code Snippets menyediakan antarmuka pengguna grafis yang memudahkan untuk mengelola cuplikan kode kustom Anda di WordPress.

Anda dapat menyimpan cuplikan kode tanpa mengaktifkannya di situs Anda. Anda dapat menonaktifkan cuplikan kapan saja Anda mau. Anda juga dapat mengekspor cuplikan kode tertentu atau mengekspor semuanya secara massal.

Ekspor cuplikan kode kustom Anda

Jika Anda memindahkan situs web ke server lain, Anda dapat dengan mudah mengimpor cuplikan kode menggunakan plugin Code Snippets dengan mengunjungi halaman Snippet »Impor.

Impor Cuplikan

Plugin Code Snippets bekerja di luar kotak, tetapi Anda dapat mengubah pengaturan plugin dengan mengunjungi halaman Snippets »Settings.

Tweak pengaturan plugin

Kami harap artikel ini membantu Anda dalam mempelajari cara menambahkan kode kustom dengan mudah di WordPress. Semoga Artike ini bisa membantu Anda

Artikel Terkait:  Cara Membuat Formulir Pemesanan Online di WordPress (Langkah demi Langkah)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *