Cara Nonaktifkan Editor Layar Penuh di WordPress

Apakah Anda ingin menonaktifkan editor layar penuh di WordPress?

Setelah pembaruan, WordPress 5.4 sekarang membuka pos dan editor halaman dalam mode layar penuh secara default. Meskipun mode bebas gangguan ini menawarkan pengalaman yang bersih dan mudah digunakan, beberapa pengguna mungkin ingin kembali ke tampilan ringkas biasa.

Di artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menonaktifkan editor layar penuh di WordPress dengan mudah.

Mengapa WordPress Beralih ke Mode Layar Penuh untuk Editor?

WordPress memperkenalkan editor baru bernama The Block Editor (alias Gutenberg) di WordPress 5.0. Editor baru ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan blok untuk elemen umum dan membuat tata letak konten yang indah.

Ini juga meniru bagaimana artikel atau halaman Anda akan terlihat dengan menggunakan font dan warna yang sama dengan tema WordPress Anda.

Namun, menu admin di sebelah kiri dan satu di atas membuatnya tampak agak berantakan. Ada terlalu banyak opsi di layar, yang tidak Anda perlukan jika Anda berfokus pada menulis konten.

Editor WordPress tanpa mode layar penuh

Untuk mengatasinya, tim inti WordPress memutuskan untuk membuat editor layar penuh secara default, sehingga pengguna dapat memiliki pengalaman menulis yang bebas gangguan.

Editor layar penuh di WordPress

Sekarang, penting untuk dicatat bahwa mode layar penuh ini bukanlah hal yang baru. Itu sudah ada di sana, dan pengguna dapat menyalakan / mematikannya.

Apa yang berubah sekarang adalah mode layar penuh sekarang akan menjadi tampilan default ketika menulis posting di WordPress.

Cara Menonaktifkan Mode Layar Penuh untuk Editor WordPress (Cara Mudah)

Sangat mudah untuk mematikan mode layar penuh untuk editor blok di WordPress.

Cukup edit posting atau halaman dan klik pada menu tiga titik di sudut kanan atas layar. Ini akan menampilkan menu pengaturan untuk editor posting.

Artikel Terkait:  10 Ukuran & Format Banner Google AdSense Berkinerja Tinggi untuk Situs WordPress Anda

Dari sini, Anda hanya perlu mengklik ‘Mode Layar Penuh’ untuk mematikannya.

Matikan mode layar penuh di WordPress

Editor pos akan langsung keluar dari mode layar penuh, dan itu akan mulai menampilkan sidebar admin dan toolbar atas.

Keluar dari mode layar penuh

WordPress akan menyimpan preferensi mode layar penuh Anda di penyimpanan sementara browser Anda.

Namun jika Anda beralih ke browser lain, menggunakan mode penyamaran, atau mengakses area admin dari perangkat yang berbeda, maka Anda akan kembali melihat editor layar penuh.

Jika Anda menggunakan beberapa perangkat, akun pengguna, atau browser untuk mengakses area admin WordPress Anda, maka ini mungkin sedikit mengganggu untuk beralih kembali setiap kali.

Metode selanjutnya ini membantu Anda memperbaikinya, secara permanen.

Nonaktifkan Mode Layar Penuh di WordPress (Cuplikan) secara permanen

Metode ini mengharuskan Anda untuk menambahkan kode secara manual ke situs WordPress Anda. Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, lihat panduan kami tentang cara mudah menambahkan snipet kode di WordPress.

Anda harus cukup memasukkan kode berikut dalam file functions.php tema WordPress Anda, atau dalam plugin khusus situs. Anda juga dapat menggunakan plugin cuplikan kode khusus untuk menambahkan kode ini ke situs Anda tanpa konflik.

1
2
3
4
5
6
7
if (is_admin()) {
    function jba_disable_editor_fullscreen_by_default() {
    $script = "jQuery( window ).load(function() { const isFullscreenMode = wp.data.select( 'core/edit-post' ).isFeatureActive( 'fullscreenMode' ); if ( isFullscreenMode ) { wp.data.dispatch( 'core/edit-post' ).toggleFeature( 'fullscreenMode' ); } });";
    wp_add_inline_script( 'wp-blocks', $script );
}
add_action( 'enqueue_block_editor_assets', 'jba_disable_editor_fullscreen_by_default' );
}

Kode ini pertama memeriksa apakah pengguna melihat halaman area admin. Jika ya, maka ia akan memeriksa status editor layar penuh.

Jika editor layar penuh diaktifkan, maka cukup dimatikan.

Anda masih dapat secara manual mengaktifkan mode layar penuh dari layar edit posting, dan editor posting Anda akan berfungsi dengan baik.

Artikel Terkait:  Panduan Pemula: Cara Menemukan URL Login WordPress Anda

Namun, jika Anda kembali, maka secara otomatis akan mematikannya. Perilaku ini berlaku untuk semua pengguna yang dapat mengakses editor posting di situs web Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menonaktifkan mode layar penuh di editor posting WordPress. Untuk kiat produktivitas lebih lanjut, lihat kiat kami untuk menguasai editor konten WordPress.

Posting Cara Menonaktifkan Editor Layar Penuh di WordPress muncul pertama kali di WPBeginner.

source link

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *