Cara Simpel Membuat Disclaimer Privacy Policy Blog – Mengapa Disclaimer Penting

Karena Anda adalah penulis artikel, maka Anda harus bertanggung jawab atas apapun yang ada pada blog Anda. Dengan disclaimer “yang bisa diakses dari setiap halaman di blog Anda”, Anda dapat melindungi diri Anda dari beberapa hal buruk yang bisa saja terjadi pada Anda, secara hukum.

Jika misalnya Anda mempunyai Blog dengan Niche resep masakan, maka Anda tidak akan bertanggung jawab atas rasa atau hasil apapun dari masakan pembaca apabila menggunakan resep yang Anda bagikan, oleh karena itu anda butuh peraturan penjelasan dan kebijakan-kebijakan pada blog Anda.

Meski disclaimer itu hal yang serius. Sebenarnya, disclaimer tidak mesti harus menggunakan istilah hukum yang kaku, jauh lebih penting adalah mudah dibaca dan dimengerti oleh pengunjung.

Berikut poin-poin yang harus ada pada disclaimer blog/web

1. Ketentuan Penggunaan

Pada bagian pertama dari disclaimer, Anda menjelaskan kepada pembaca bahwa semua informasi yang diberikan dan diambil dari blog Anda adalah risiko mereka sendiri. Mereka membaca blog Anda dengan kehendak bebas mereka sendiri. Jelaskan bahwa informasi Anda pada postingan bersifat umum, sehingga untuk lebih detail pembaca harus menghubungi orang yang kompeten mengenai bahasan yang mereka baca di blog Anda.

2. Kebijakan Hak Cipta

Anda adalah pemegang hak cipta yang sah dari semua konten pada blog Anda dan orang lain tidak dapat menggunakannya untuk mencetak ulang atau menerbitkannya tanpa persetujuan tertulis Anda. misalkan : Jelaskan bahwa jika pembaca menggunakan konten Anda, maka pembaca harus mencantumkan sumber link Anda.

3. Tidak berbahaya

Jelaskan bahwa semua konten atau informasi yang diberikan melalui blog Anda hanya  bertujuan untuk hiburan dan informasi semata. Pastikan pembaca Anda mengerti bahwa mereka membaca atau menggunakan informasi dari blog Anda dan selanjutnya resiko apapun bukan tanggung jawab dari Anda.

Artikel Terkait:  4 Plugin RSS Aggregator Terbaik untuk WordPress di tahun 2020

4. Pernyataan Privasi

Beritahukan pembaca bahwa Anda tidak akan menjual/meberikan informasi pribadi atau kontak pembaca kepada publik dan hanya akan di simpan dan dirahasiakan.

5. Hak Cadangan

Tuliskan bahwa Anda berhak mengubah informasi di blog Anda, dan berhak untuk menghapus konten yang sudah tidak relevan.

7. Surat kepada Editor

Biarkan pembaca Anda tahu apa yang akan terjadi dengan surat, pesan, tweet atau e-mail yang mereka kirim kepada Anda. Disclaimer harus mencakup keseluruhan blog, namun mudah dibaca dan dipahami merupakan keharusan mutlak bagi sebuah blog. Lebih baik aman daripada menyesal dikemudian hari. Jika Anda memiliki keraguan tentang hal-hal untuk dimasukkan ke dalam disclaimer Anda, Anda bisa melihat blog lain untuk menjadikan referensi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *