Cara Beriklan di TikTok Ads – Panduan Mudah

Meningkatkan Penjualan Online dengan Iklan TikTok Seller salah satunya dengan Cara Beriklan di TikTok Ads, ini bisa Meningkatkan penjualan online menjadi salah satu target bisnis yang diinginkan oleh para pebisnis.

Salah satu cara efektif untuk mencapai target tersebut adalah dengan memanfaatkan media sosial, seperti TikTok. Bagaimana cara iklan di TikTok Seller untuk meningkatkan penjualan?

Cara Beriklan di TikTok Ads

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer akhir-akhir ini. Membuat konten di TikTok dapat dengan mudah viral, sehingga efektif dalam meningkatkan brand awareness suatu produk. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang ingin memahami Cara Beriklan di TikTok Ads.

Jenis Iklan di TikTok

Sebelum membahas Cara Beriklan di TikTok Ads, kita perlu mengenal macam-macam jenis iklan yang terdapat pada platform populer ini. Secara garis besar, iklan di TikTok terdiri dari 4 jenis, yaitu in-feed video, hashtag challenge, brand takeover, dan Branded Augmented Reality (AR).

  1. In-Feed Video – Jenis iklan di TikTok Ads yang pertama adalah In-feed video. Iklan ini akan muncul seperti video TikTok lain ketika penggunanya sedang scrolling feeds media sosial tersebut. Iklan berupa in-feed video di TikTok ini akan menampilkan tulisan “promoted” sehingga penggunanya dapat membedakan antara konten organik dengan advertensi. Selain itu, tulisan “promoted” pada videonya bisa diklik dan nantinya akan mengarahkan pengguna untuk mengunjungi akun yang membuat iklan tersebut.
  2. Hashtag Challenge – Jenis iklan di TikTok Ads selanjutnya adalah hashtag challenge. Hashtag challenge ini berupa tantangan yang dapat viral dengan mudah di media sosial ini. Konten kreator populer lainnya dapat menggunakan tagar atau hashtag tertentu untuk mempromosikan produk atau jasa.
  3. Brand Takeover – Brand takeover merupakan jenis iklan di TikTok Ads berupa tayangan video dengan durasi singkat, sekitar 3 sampai 5 detik. Video iklan ini akan muncul ketika pengguna TikTok baru membuka aplikasi tersebut.
  4. Branded Augmented Reality (AR) – Branded Augmented Reality adalah jenis iklan di TikTok Ads yang terakhir. Melalui jenis iklan ini, kamu dapat membuat filter serta stiker yang merepresentasikan brand milikmu. Fitur ini memungkinkan pengguna TikTok untuk menggunakan filter dan stiker yang kamu buat dalam video mereka.
Artikel Terkait:  Examples of Apartment Rental Ads and How to Make Them Attractive

Cara Beriklan di TikTok Ads

Setelah mengenal jenis-jenis iklan di TikTok, kita akan membahas cara iklan di TikTok Seller. Ada beberapa langkah yang perlu diikuti untuk memulai Cara Beriklan di TikTok Ads.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai cara beriklan di TikTok ads:

a. Membuat Akun TikTok Ads

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun TikTok Ads terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi halaman TikTok Ads di https://ads.tiktok.com/help.
Setelah berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan akses untuk menggunakan fitur-fitur iklan di TikTok.

b. Menentukan Tujuan Iklan

Sebelum membuat iklan di TikTok, pastikan kamu sudah menentukan tujuan iklan terlebih dahulu.
Apakah ingin meningkatkan penjualan atau brand awareness?
Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, kamu bisa menentukan jenis iklan yang tepat.

c. Menentukan Jenis Iklan

Sesuai dengan jenis-jenis iklan yang telah dijelaskan sebelumnya, pilihlah jenis iklan yang tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

d. Membuat Konten Iklan

Setelah menentukan jenis iklan yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat konten iklan yang menarik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Pastikan konten iklan yang dibuat dapat menarik perhatian pengguna TikTok agar iklanmu dapat dilihat dan diingat oleh banyak orang.

e. Menentukan Target Audience

Sebelum mengirimkan iklan, pastikan kamu sudah menentukan target audience yang tepat.
Dengan menentukan target audience yang tepat, iklanmu akan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan atau brand awareness.

f. Mengirimkan Iklan

Setelah melakukan semua langkah di atas, kamu bisa mengirimkan iklan di TikTok Seller.
Pastikan iklanmu sudah sesuai dengan panduan iklan di TikTok dan tidak melanggar kebijakan yang berlaku.

Itulah serba-serbi cara beriklan di TikTok Ads yang perlu kamu ketahui. Dengan memanfaatkan platform ini, kamu dapat meningkatkan volume penjualan produkmu dan memperluas brand awareness bisnis online yang kamu jalankan. Selamat mencoba!

Artikel Terkait:  Panduan Lengkap - Cara Bisa Live di Tiktok Pemula

Cara Menentukan Anggaran

Setelah kamu mengetahui jenis-jenis iklan di TikTok, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan untuk Cara Beriklan di TikTok Ads adalah menentukan anggaran, Anda mungkin bertanya-tanya, berapa biaya yang diperlukan untuk memasang iklan di TikTok?

Biaya iklan di TikTok sangat beragam, tetapi umumnya dimulai dari Rp3.000 per 1000 kali tayang iklan. Anda juga dapat memilih antara anggaran harian atau memasukkan seluruh dana iklan yang Anda miliki.

Selain itu, Anda dapat memilih antara dua pilihan waktu kampanye, yaitu sepanjang hari atau waktu tertentu yang dapat Anda tentukan sendiri.

Hal pertama yang perlu kamu tentukan adalah anggaran yang akan dikeluarkan untuk Cara Beriklan di TikTok Ads. Harus menentukan anggaran yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

• Biaya pembuatan video
• Biaya penargetan audiens
• Biaya optimasi iklan
• Biaya pemilihan jenis iklan

Semakin besar anggaran yang dikeluarkan untuk Cara Beriklan di TikTok Ads, semakin besar pula kemungkinan iklanmu akan berhasil menarik perhatian dan meningkatkan penjualan produkmu.

Cara Menentukan Waktu Campaign

Selain menentukan anggaran dalam Cara Beriklan di TikTok Ads, kamu juga perlu menentukan waktu campaign untuk iklan di TikTok. Kamu dapat menentukan waktu campaign ini berdasarkan:

• Musim atau event tertentu yang sedang berlangsung
• Durasi waktu yang dianggap paling efektif dalam mencapai target audiens

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan waktu tayang iklan agar dapat menjangkau target audiens dengan baik. Misalnya, kamu bisa menyesuaikan waktu tayang iklan di TikTok pada saat jam-jam tertentu dimana pengguna TikTok paling aktif menggunakan aplikasi tersebut sehingga Cara Beriklan di TikTok Ads tertarget.

Tips Membuat Cara Beriklan di TikTok Ads

Setelah mengetahui jenis-jenis iklan di TikTok, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam Cara Beriklan di TikTok Ads di platform tiktok tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk membuat iklan di TikTok yang efektif:

Artikel Terkait:  Metode Efektif - Cara FYP di tiktok

1. Perhatikan Target Audience

Sebelum membuat iklan di TikTok, pastikan kamu mengetahui target audience yang ingin kamu jangkau. Dengan mengetahui karakteristik dari target audience, kamu dapat menyesuaikan konten iklan yang akan kamu buat. Hal ini dapat meningkatkan peluang iklan kamu dilihat dan direspon oleh target audience yang tepat.

2. Buat Konten yang Kreatif dan Menarik

TikTok dikenal sebagai platform media sosial yang penuh dengan konten kreatif dan unik. Oleh karena itu, pastikan konten iklan yang kamu buat memiliki nilai kreatifitas yang tinggi dan dapat menarik perhatian pengguna TikTok. Konten yang kreatif dan menarik dapat membuat pengguna terus menonton iklan kamu hingga selesai.

3. Gunakan Musik dan Efek yang Tepat

Musik dan efek yang digunakan pada iklan juga memiliki peran penting dalam menarik perhatian pengguna TikTok. Pastikan kamu menggunakan musik dan efek yang sesuai dengan karakteristik target audience dan konten iklan yang kamu buat.

4. Gunakan CTA (Call to Action)

CTA atau Call to Action adalah tindakan yang ingin kamu ajak pengguna TikTok lakukan setelah menonton iklan kamu. Sebagai contoh, kamu dapat menambahkan CTA pada akhir iklan dengan mengajak pengguna TikTok untuk mengunjungi website atau toko online milikmu. Dengan menggunakan CTA, kamu dapat meningkatkan peluang pengguna TikTok melakukan tindakan setelah menonton iklan kamu.

5. Lakukan Testing

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan testing pada iklan yang kamu buat sebelum menggunakannya secara resmi. Kamu dapat memperhatikan feedback dan performa iklan untuk mengetahui apakah iklan tersebut efektif dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness. Dengan melakukan testing, kamu dapat menemukan strategi yang tepat dalam membuat iklan di TikTok.

Cara Daftar TikTok Shop: Syarat, Biaya, Ongkir, dan Pencairan

Demikian artikel mengenai Cara Beriklan di TikTok Ads, semoga bermanfaat bagi anda dan silahkan tinggalkan komentar dibawah jika anda menyukai artikel ini.

You May Also Like