Trik Jitu Mengembalikan foto & video yang dihapus di Android 2020

Seperti yang kita tahu pada sistem operasi desktop seperti Windows, ada fitur Keranjang Sampah yaitu ‘Recycle Bin’. Recycle Bin memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali file yang dihapus atau terhapus.

Untuk memulihkan file yang dihapus di Android bisa menggunakan aplikasi lain, memerlukan akses root atau tanpa root, seperti beberapa cara yang akan dibahas dibawah ini.

Beberapa Cara Mengembalikan foto & video yang dihapus dari Android 2020

Pada postingan kali ini, kami akan berbagi beberapa metode terbaik untuk memulihkan foto dan video yang dihapus di Android. Dengan metode ini, Sobat dapat dengan mudah mendapatkan kembali semua media seperti foto dan video yang dihapus pada ponsel cerdas Android Anda pada tahun 2020.

1. Memulihkan Menggunakan Recuva File Recovery

Dalam metode ini, Sobat harus menggunakan alat pihak ketiga yang akan membantu Sobat memulihkan semua file media yang dihapus dari perangkat Android Sobat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama silahkan Sobat download alat pemulihan ini Recuva File Recovery di PC Sobat. Fitur utama dari alat ini adalah sebagai:

  • Batalkan penghapusan file di komputer Anda
  • Pulihkan email yang dihapus
  • Hapus file yang ingin Anda hapus selamanya dengan aman
  • Kembalikan dokumen Word yang belum disimpan

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1. Jalankan aplikasi dan hubungkan perangkat Android ke komputer Sobat melalui kabel USB.

Langkah 2. Silahkan pilih format file yang ingin Sobat pulihkan dari perangkat Android Sobat. Kami menyarankan Sobat untuk memilih semua file karena akan memulihkan setiap file yang dihapus dari Android Anda.

Langkah 3. Sekarang pilih drive eksternal milik ponsel Sobat dan melanjutkan dengan mengklik OK.

Langkah 4. Selanjutnya, alat ini akan memindai semua file yang dihapus, dan Sobat dapat memilih file dan memulihkannya dengan sangat mudah di komputer.

2. Menggunakan Wondershare Dr.Fone

Wondershare Dr.Fone adalah alat seperti Recuva File Recovery yang memungkinkan Sobat menghubungkan ponsel Sobat ke komputer dan memulihkan foto dan video yang Anda hapus.

Langkah 1. Silahkan, instal Wondershare Dr.Fone di komputer Sobat dan sambungkan perangkat Android ke komputer Sobat melalui kabel USB.

Langkah 2. Sekarang software akan meminta untuk aktifkan USB debugging di Android Sobat silahkan cukup mengaktifkannya.

Langkah 3. Selanjutnya Sobat dapat melihat ponsel Sobat terhubung ke perangkat lunak pemulihan data Android. Sobat sekarang perlu memilih tipe data apa yang ingin Sobat pulihkan. Pilih Galeri jika Sobat ingin memulihkan foto dan video dan klik Next

Langkah 4. Sekarang ia akan melakukan pemindaian penuh dan menunggu hingga hasil yang dipindai ditampilkan. Segera Anda dapat melihat semua jenis Foto dan video yang dihapus. Pilih media yang ingin Anda pulihkan dan klik “Recover

Selesai! Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memulihkan foto dan video yang dihapus dari smartphone Android Anda.

Artikel Terkait:  5 Tool Terbaik Untuk Membuka file WebP pada Windows 10

3. Menggunakan Android yang di root

Dalam metode ini, pertama Sobat harus Rooting Android. Setelah me-rooting Android, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Langkah 1. Pertama pada Android Sobat yang di-rooting, unduh dan instal aplikasi DiskDigger undelete (root). Silahkan jalankan aplikasi dan berikan akses superuser ke aplikasi ini.

Langkah 2. Kemudian pilih partisi di mana Anda ingin memulihkan file.

Langkah 3. Selanjutnya akan terlihat file yang dihapus di drive, tandai file yang ingin Anda pulihkan dan klik recover.

Demikian, semua media yang Anda hapus akan dikembalikan kembali.

4. Menggunakan MobiKin Doctor

MobiKin Doctor untuk Android adalah program pemulihan data paling profesional untuk perangkat Android, yang bertujuan untuk membantu pengguna memulihkan pesan teks, kontak, foto, musik, dll yang terhapus dari hampir semua jenis ponsel dan tablet Android.

Langkah 1. Pertama, Silahkan unduh Mobikin Doctor dan install di komputer Sobat.

Unduh perangkat lunak Mobikin Doctor
Unduh perangkat lunak Mobikin Doctor

Langkah 2. Lalu aktifkan USB Debugging di Android Anda. Setelah diaktifkan, hubungkan ke komputer Anda melalui kabel USB, Anda akan melihat layar seperti di bawah ini.

Aktifkan USB Debugging di Android Anda
Aktifkan USB Debugging di Android Anda

Langkah 3. Sekarang jika Anda memiliki perangkat Android yang di-rooting, maka Anda harus memberikan akses izin, cukup dengan memberikan permintaan superuser dan Allow Kingroot.

Berikan izin pada Android
Berikan izin pada Android

Langkah 4. Sekarang pada langkah berikutnya, Anda harus memilih Photos di mana Anda dapat melihat semua file yang dihapus dengan opsi untuk memulihkan.

Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan
Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan

Langkah 5. Jika Anda ingin memulihkan video / audio, Anda dapat memilih opsi video dan audio untuk memulihkan file.

Menggunakan MobiKin Doctor
Menggunakan MobiKin Doctor

Demikian, adalah bagaimana Anda dapat memulihkan foto dan video yang dihapus dari ponsel pintar Android Anda menggunakan Mobikin Doctor.

5. Menggunakan Mobisaver

MobiSaver adalah salah satu aplikasi pemulihan data Android terbaik yang tersedia di Google Play Store. Hal terbaik dari EaseUS MobiSaver adalah ia dapat memulihkan hampir setiap jenis file dari smartphone Android Anda termasuk gambar, foto, video, pesan teks, obrolan WhatsApp, dll. Jadi, inilah cara Anda dapat menggunakan MobiSaver untuk Memulihkan Foto & Video yang Dihapus dari Android .

Artikel Terkait:  25+ Browser Android Terbaik - Aman

Langkah 1. Pertama-tama, unduh & instal MobiSaver di smartphone Android Anda.

Langkah 2. Setelah terinstal, jalankan aplikasi di Android Anda dan ketuk pada Start Scan tombol.

Langkah 3. Sekarang alat akan memindai foto dan video yang dihapus. Setelah selesai, akan tampil file media yang dapat dipulihkan.

Langkah 4. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan filter untuk proses pencarian. Misalnya, Anda dapat mencari file tertentu sesuai dengan ukuran, format file, dll.

Langkah 5. Setelah selesai, ketuk padaRecover untuk mengembalikan file media yang dihapus.

Tap on the 'Recover' button to restore files

Selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan MobiSaver untuk memulihkan foto & video yang dihapus dari smartphone Android.

6. Menggunakan FonePaw Android Data Recovery

FonePaw Android Data Recovery adalah salah satu alat Windows terbaik untuk memulihkan file yang dihapus dari Android termasuk Foto & Video. Bukan hanya Foto & video, tetapi Pemulihan Data FonePaw Android dapat memulihkan hal-hal lain seperti lampiran WhatsApp, dokumen, log panggilan, kontak, pesan teks, dll. Jadi, inilah cara Anda dapat menggunakan Pemulihan Data FonePaw Android untuk memulihkan foto & video yang dihapus dari Android .

Langkah 1. Silahkan klik Link untuk mengunduh & menginstal FonePaw Android Data Recovery di komputer Anda.

Langkah 2. Pada langkah berikutnya, menuju ke Settings > About Phone > Build Number. Ketuk pada ‘Nomor Pembuatan’ 5-6 kali terus menerus hingga Anda melihat pesan Pengembang. Sekarang buka opsi Pengembang dan aktifkan ‘USB Debugging’

Langkah 3. Sekarang sambungkan Android Anda ke PC dan FonePaw Android Data Recovery akan mendeteksi ponsel cerdas Android Anda. Pada langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih tipe data. Pilih Foto & video dari daftar dan klik ‘Next’

Pilih Foto & Video dan klik 'Selanjutnya'
Pilih Foto & Video dan klik ‘Selanjutnya’

Langkah 4. Sekarang, tunggu beberapa detik hingga FonePaw Android Data Recovery menyelesaikan pemindaian. Setelah selesai, Anda akan melihat foto & video yang dihapus. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan kemudian klik ‘Recover’

Pilih file dan klik
Pilih file dan klik “Pulihkan”

Selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan FonePaw Android Data Recovery untuk memulihkan foto & video yang dihapus dari smartphone Android.

7. Menggunakan Recoverit dari Wondershare

Nah, Recoverit adalah alat pemulihan data terbaik lainnya untuk Android yang tersedia untuk sistem operasi Windows. Recoverit dapat memulihkan hampir semua jenis file dari ponsel cerdas Android Anda termasuk gambar, video, teks, dll. Inilah cara Anda dapat menggunakan Recoverit untuk memulihkan foto & video yang dihapus dari ponsel cerdas Android Anda.

Artikel Terkait:  Cara Setting Gambar Bing sebagai Wallpaper di HP Android

Langkah 1. Silahkan unduh & instal Recoverit di komputer Windows Anda. Setelah selesai, buka aplikasi dan kemudian pilih perangkat Android yang terhubung.

Langkah 2. Setelah memilih perangkat, klik ‘Start’ untuk memulai proses pemindaian.

Langkah 3. Sekarang, tunggu beberapa detik hingga Recoverit memindai Android Anda untuk file yang dihapus. Setelah selesai, ini akan mencantumkan semua jenis file yang dapat dipulihkan.

Wait until the scan completes. Once done, it will display the entire list of files that can be recovered

Langkah 4. Anda juga dapat melihat pratinjau jenis file sebelum memulihkan. Setelah selesai, klik ‘Recover’ untuk memulihkan file di komputer Anda.

Click on 'Recover' to recover the files

Selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan Recoverit untuk memulihkan foto & video yang dihapus dari Android pada tahun 2020.

8. Menggunakan Dumpster

Dumpster pada dasarnya adalah Recycle Bin untuk ponsel pintar Android Anda. Setelah menginstal aplikasi ini, itu secara otomatis membuat cadangan dan menyimpan semua data Anda yang dihapus. Fitur ini memungkinkan pengguna dengan mudah mengembalikan gambar dan video yang terhapus secara tidak sengaja dengan nyaman.

Langkah 1. Pertama, silahkan unduh & instal Dumpster di ponsel pintar Android Anda dari Google Play Store dan kemudian jalankan aplikasi.

Langkah 2. Berikan semua izin yang diminta aplikasi. Anda sekarang akan melihat antarmuka utama aplikasi.

Langkah 3. Sekarang di pengaturan awal, Anda harus mengaktifkan semua hal yang ingin Anda simpan. Di halaman ini, Anda harus mengaktifkan setiap jenis file.

Select the file types that you want Dumpster to save

Langkah 4. Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat ikhtisar file yang telah disimpan oleh Dumpster. Cukup, coba hapus semua file dan Anda akan melihatnya di bagian ikhtisar.

Langkah 5. Dumpster juga menyediakan banyak opsi penyortiran untuk mencari file yang dihapus. Misalnya, Anda dapat mengurutkan file berdasarkan jenisnya. Jika Anda mencari gambar, lalu pilih Gambar.

Langkah 6. Jika Anda ingin memulihkan file yang baru saja Anda hapus, maka Anda juga dapat mengurutkan aplikasi untuk menampilkan file yang baru ditambahkan.

Selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat mengunduh dan menginstal Dumpster di ponsel cerdas Android Anda untuk memulihkan file yang terhapus.

Jadi di atas adalah cara untuk mengembalikan Foto dan Video yang terhapus dari Android. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *