VPN dan Proxy : 4 Perbedaan Penting yang Wajib diketahui

Apakah Kamu Khawatir tentang privasi saat berselancar di Internet? Ingin tahu apakah seorang hacker, lembaga pemerintah, atau sebuah perusahaan dapat melacak situs apa yang Kamu kunjungi, file apa yang Kamu unduh, atau tautan apa yang Kamu klik?.

Jika kamu sudah was-was apakah sudah waktunya untuk mendaftar dengan virtual private network (VPN) atau server proxy untuk menyembunyikan lokasi dan alamat penyedia layanan internet Kamu dari sang pengintai.

Dan waspadalah: Ada perbedaan yang signifikan antara proxy dan VPN. Meskipun kedua alat tersebut dapat melindungi identitas Kamu, hanya VPN yang bisa mengenkripsi data Kamu saat Kamu menjelajahi sebuah website

Itu artinya, hanya VPN yang bisa membantu menyembunyikan aktivitas online Kamu dari peretas, lembaga pemerintah, atau perusahaan yang mungkin ingin mempelajari lebih jauh tentang cara dan bagaimana Kamu menghabiskan waktu di internet.

Apa itu VPN dan Server Proxy

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer atau perangkat mobile Anda ke internet melalui server yang terletak di lokasi lain. Saat Anda menggunakan VPN, semua koneksi internet Anda akan dienkripsi dan dialihkan melalui server tersebut sehingga tidak dapat dilihat oleh pihak ketiga. 

Hal ini berguna untuk meningkatkan privasi dan keamanan online Anda, terutama saat Anda menggunakan jaringan wifi umum atau terkoneksi ke internet melalui jaringan yang tidak aman. VPN juga bisa membantu Anda mengakses situs web yang diblokir di negara Anda atau membypass pembatasan geografis pada beberapa layanan online.
Server proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara perangkat Anda dan internet. Saat Anda mengakses suatu situs web, permintaan Anda akan diteruskan ke server proxy, yang kemudian akan mengirim permintaan tersebut ke situs web yang dituju dan menerima respons dari situs tersebut. Kemudian, server proxy akan mengirimkan respons tersebut kembali ke perangkat Anda. 
Dengan menggunakan server proxy, Anda dapat memanipulasi atau menyembunyikan alamat IP asli Anda dan mengganti dengan alamat IP server proxy. Ini berguna untuk meningkatkan privasi dan keamanan online Anda, serta bisa digunakan untuk membantu Anda mengakses situs web yang diblokir di negara Anda atau membypass pembatasan geografis pada beberapa layanan online. Namun, server proxy tidak menyediakan enkripsi seperti yang dilakukan VPN, sehingga tidak seaman VPN dalam menjaga privasi online Anda.
Ada manfaat, yang jelas untuk menyembunyikan identitas Anda. Situs web yang Anda kunjungi — atau layanan streaming yang Anda akses atau situs berbagi file yang Anda gunakan — hanya akan melihat alamat IP milik server proxy. Itu tidak akan melihat alamat Anda. Ini akan menyembunyikan identitas dan lokasi Anda yang sebenarnya dari situs dan aplikasi ini.

Ada berbagai jenis proxy. Berikut adalah 3 Jenis Proxy yang paling umum

1. Proxy HTTP adalah server proxy yang menggunakan protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk memungkinkan pengguna mengakses konten di internet. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola akses ke situs web, menyembunyikan alamat IP asli mereka, dan memblokir konten yang tidak diinginkan. 

Artikel Terkait:  5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu, Ternyata Mudah dan CukupPraktekkan Saja!

HTTP proxies biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi online, serta membantu mengelola akses ke internet di perusahaan atau organisasi yang besar.

2. Proxy SOCKS5 adalah jenis proxy yang menggunakan protokol SOCKS (Socket Secure) untuk memfasilitasi jalur koneksi aman dan terpecaya melalui internet. SOCKS5 adalah versi terbaru dari protokol SOCKS yang memiliki fitur tambahan seperti autentikasi dan enkripsi data yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Proxy SOCKS5 digunakan untuk memanipulasi alamat IP asli kita sehingga kita dapat mengakses konten yang terblokir atau terbatas di internet. Selain itu, proxy SOCKS5 juga dapat mempercepat kecepatan internet kita dengan mengalihkan lalu lintas internet melalui server proxy yang lebih cepat.
Proxy SOCKS5 biasanya digunakan oleh pengguna yang ingin mengakses konten yang terblokir di negara atau wilayah tertentu, menyembunyikan alamat IP asli mereka, atau meningkatkan keamanan dan privasi saat mengakses internet.
3. Proxy transparan adalah jenis proksi yang menghubungkan klien ke server tujuan tanpa memberikan tahu klien bahwa terdapat proksi di antara koneksi tersebut. Proksi transparan biasanya digunakan untuk menyaring konten internet atau melakukan caching untuk meningkatkan kecepatan akses ke server tujuan. Proksi transparan dapat dikonfigurasi di router atau firewall dan tidak memerlukan klien untuk mengubah pengaturan koneksi internet mereka.

Bagaimana VPN dan Proxy Bisa Berbeda

Server proxy adalah layanan Internet yang memungkinkan pengguna mengakses konten web tertentu dari lokasi yang jauh. Seorang pengguna dapat membuat server proxy di komputer, tablet, atau ponsel cerdasnya. Keuntungan utama menggunakan server proxy adalah kemampuan untuk melewati sensor web dengan mengenkripsi dan merutekan ulang koneksi web Anda. Namun, ada kerugian menggunakan server proxy. Misalnya, beberapa server proxy memperlambat koneksi internet Anda dan menghabiskan ruang memori di perangkat Anda.

Proxy digunakan saat Anda ingin mengakses server atau sumber daya dari Internet tanpa perlu mengaksesnya secara langsung. Misalnya, Anda dapat menggunakan proxy jika ingin mengunduh program atau memperbarui browser. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendapatkan URL sumber daya yang ingin Anda akses dan menginstruksikan proxy Anda untuk mengirim permintaan itu ke lokasi jauh. Sumber daya yang Anda coba akses kemudian akan mengirimkan kembali informasi yang Anda minta. Dengan cara ini, menggunakan proxy mencegah Anda harus mengakses sendiri sumbernya secara langsung.

Artikel Terkait:  Inilah 5 Kelebihan Printer Epson L120, Simak Sebelum Beli!

Berbeda dengan itu, VPN adalah singkatan dari jaringan pribadi virtual dan digunakan untuk komunikasi online yang aman. VPN membuat koneksi aman antara perangkat Anda dan server yang dijalankan oleh layanan langganan Anda. Koneksi ini mengenkripsi semua data Anda sehingga tidak ada yang dapat melihatnya. Itu juga menutupi alamat IP Anda sehingga tidak ada yang dapat mengidentifikasi dari mana Anda berasal atau pergi ketika menggunakan Internet. Semua data melewati server ini, sehingga tidak ada jeda waktu saat mengakses sumber daya di web. VPN sangat berguna untuk melindungi data sensitif saat melakukan bisnis melalui Internet.

Jika Anda melihat referensi ini dari sudut pandang kami sebagai penulis, kami dapat melihat poin pro dan kontra di kedua metode mengakses situs web yang diblokir. Saat menggunakan VPN, hanya satu server di lokasi perusahaan yang harus dapat diakses oleh semua karyawan. Ini mengurangi biaya serta waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan titik akses bagi karyawan. Di sisi lain, menggunakan server proxy meningkatkan waktu tunggu karena lebih banyak mesin diperlukan untuk membuat dan mengakses konten web.

Sejauh “anonimitas”, kedua metode memerlukan server eksternal- yang berarti seseorang memegang kendali data pribadi Anda setiap saat kecuali mereka tahu di mana server tersebut berada dan memiliki akses fisik langsung ke sana. Dan sementara ada banyak proxy gratis, proxy berbayar cenderung tidak dapat dilacak kembali ke pembuatnya karena mereka membayar untuk server anonim – yang berarti server mereka tidak sedekat gratis jika dibandingkan berdampingan dengan dimiliki secara anonim server dengan cara ini. . . . . . tetapi tetap menyediakan beberapa tingkat anonimitas yang paling penting: di internet tempat Anda berbisnis dengan orang lain yang mungkin tidak memiliki standar etika yang sama tentang privasi pribadi versus margin keuntungan perusahaan yang dipertaruhkan!

Artikel Terkait:  Extension Chrome : Cara Download Video Facebook

Server proxy adalah alat yang efektif untuk menghindari sensor web tetapi dilengkapi dengan beberapa peringatan. Pertama, memperlambat lalu lintas internet dan menghabiskan ruang memori perangkat. Kedua, tidak banyak orang yang tahu cara mengatur dan menggunakan server proxy secara efektif, yang membuat penggunaannya tidak nyaman bagi kebanyakan orang. Pendekatan VPN bekerja jauh lebih baik jika Anda mencari cara mudah untuk menghindari sensor web sambil memaksimalkan kecepatan dan keamanan internet; namun, menyiapkan VPN mungkin lebih sulit daripada yang diharapkan kebanyakan orang mengingat manfaatnya dibandingkan dengan proxy pada umumnya dan kepentingan keamanan data perusahaan vs individu di bawah ancaman inisiatif sensor web di berbagai geografi!

You May Also Like