VPN: Definisi dan Penjelasan VPN Lengkap

VPN masih populer digunakan di seluruh dunia karena menawarkan keamanan, privasi, dan akses tak terbatas, yang menjelaskan tren ini dengan sempurna. Artikel ini memiliki informasi yang bagus tentang VPN, tetapi sebelum kita menyelami, ada baiknya untuk membahas detailnya, apa itu VPN dan apa fungsinya.

Definisi VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih perangkat melalui internet atau jaringan publik lainnya dan menyediakan koneksi yang aman dan privasi tambahan. VPN menggunakan teknologi enkripsi untuk mengamankan data yang dikirimkan antara perangkat-perangkat tersebut, sehingga hanya orang yang memiliki akses ke jaringan VPN yang dapat mengakses informasi tersebut. 

VPN dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengakses jaringan kantor atau jaringan rumah dari lokasi lain, mengamankan koneksi internet saat menggunakan jaringan publik, atau untuk mengakses konten yang diblokir di wilayah tertentu.

Apa yang dilakukan VPN

VPN menyembunyikan banyak informasi pribadi yang dapat membahayakan Sobat. Inilah lima yang paling penting:

  • Riwayat pencarian online Sobat– Meskipun internet tidak pernah melupakan setiap hal yang Sobat lakukan saat online, VPN membantu Sobat menyembunyikannya. Peramban web atau penyedia layanan internet (ISP) Sobat melacak setiap aktivitas online yang Sobat lakukan dan mengaitkannya dengan alamat IP Sobat, termasuk saat Sobat melakukan pemesanan online untuk penerbangan dan menelusuri tentang kondisi medis Sobat. Ada beberapa hal yang pasti ingin Sobat rahasiakan, terutama kesehatan Sobat. Tetapi karena apa yang disebut peramban pribadi tidak dapat menyembunyikan informasi semacam itu, VPN dapat melakukannya untuk Sobat.
  • Lokasi dan alamat IP Sobat– VPN menggunakan alamat IP yang berbeda untuk melindungi alamat IP asli Sobat sehingga Sobat dapat melakukan pencarian web secara anonim tanpa melihat, mengumpulkan, atau menjual riwayat pencarian Sobat.
  • Perangkat Sobat– Dengan bantuan VPN, Sobat dapat melindungi perangkat Sobat, termasuk ponsel cerdas, tablet, laptop, dan komputer desktop, dari penjahat dunia maya saat mengakses internet menggunakan mereka. Jadi, peretas atau pengintip lainnya tidak akan dapat melihat data yang Sobat terima atau kirim dengan perangkat Sobat, terutama jika Sobat menggunakan jaringan publik.
  • Aktivitas web Sobat– Sobat dapat mempertahankan kebebasan internet dengan VPN, dan bahkan pengawasan pemerintah pun tidak dapat melihat semua yang Sobat lakukan di web. Mudah-mudahan, pemerintah tidak mencari Sobat, tetapi VPN dapat menyembunyikan riwayat penelusuran Sobat untuk mencegah penyedia layanan internet Sobat membagikannya.
  • Lokasi streaming Sobat saat ini– Jika Sobat menyukai hal-hal seperti streaming hal-hal seperti olahraga profesional, yang tidak tersedia di semua negara, Sobat dapat menggunakan VPN kapan pun Sobat bepergian ke luar negara untuk menghindari syarat dan peraturan dari negara lain, seperti di Yunani, sebutkan oleh diadiktiokaiasfalia, VPN membantu Sobat menghindari kecepatan atau pelambatan data.

                Cara kerja VPN

                VPN (Virtual Private Network) adalah jaringan yang menyediakan koneksi aman dan terjaga privasinya melalui jaringan publik seperti internet. VPN menggunakan teknologi enkripsi untuk menyediakan koneksi aman antara perangkat Anda dan server VPN.

                Cara kerja VPN adalah dengan membuat “tunnel” virtual yang menyembunyikan alamat IP asli Anda dan melindungi data yang Anda kirim dan terima dari peretasan atau pengintaan. Saat Anda terhubung ke VPN, semua data yang Anda kirim dan terima dienkripsi dan diteruskan ke server VPN. 

                Server VPN kemudian mengirimkan data tersebut ke internet menggunakan alamat IP VPN. Ini menyediakan lapisan tambahan keamanan dan privasi karena alamat IP asli Anda tidak diketahui oleh pihak lain di internet.

                Beberapa manfaat dari menggunakan VPN diantaranya dapat mengakses situs web yang diblokir, mengamankan koneksi internet saat menggunakan jaringan wifi publik, dan melindungi privasi online.

                Ada beberapa jenis protokol VPN yang berbeda yang dapat digunakan, di antaranya:

                • PPTP (Point-to-Point Tunneling Protocol): protokol ini cukup populer karena mudah digunakan dan tersedia pada hampir semua sistem operasi. Namun, PPTP tidak aman dan rentan terhadap serangan.
                • L2TP (Layer 2 Tunneling Protocol): L2TP dapat digunakan bersama dengan protokol enkripsi seperti IPSec untuk meningkatkan keamanan.
                • SSTP (Secure Socket Tunneling Protocol): protokol ini dikembangkan oleh Microsoft dan menawarkan keamanan yang sama dengan SSL (Secure Sockets Layer).
                • IKEv2 (Internet Key Exchange version 2): protokol ini dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco dan dirancang untuk menyediakan konektivitas yang handal dan aman pada jaringan yang berubah-ubah.
                • OpenVPN: protokol ini open-source dan menawarkan fleksibilitas dan keamanan yang tinggi.
                • Wireguard: protokol ini open-source dan sangat ringan dan cepat, serta memiliki desain yang sederhana namun cukup aman.

                Semua protokol VPN memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan spesifik dari pengguna.

                Cara set-up VPN

                Relatif mudah untuk mengatur VPN. Sobat dapat memilih untuk mengunduh aplikasi VPN, yang sangat disarankan, atau menggunakan penginstalan manual jika Sobat paham teknologi tinggi.

                Mengunduh aplikasi VPN adalah metode termudah untuk menyiapkan Jaringan Pribadi Maya. Yang Sobat butuhkan hanyalah memilih penyedia layanan VPN tepercaya, unduh aplikasi untuk perangkat Sobat, dan instal.

                Aplikasi tersedia untuk berbagai platform tergantung pada penyedia VPN yang Sobat pilih. Beberapa menawarkan aplikasi untuk android, windows PC, Linux, Mac, dan iOS. Jadi, sebelum Sobat menggunakan metode aplikasi VPN, Sobat harus terlebih dahulu memeriksa apakah penyedia yang Sobat pilih memiliki aplikasi untuk perangkat Sobat.

                Jika Sobat memutuskan untuk mengatur VPN secara manual, Sobat dapat mengonfigurasi server VPN pribadi atau membuat VPN di router Sobat. Tergantung pada jenis perangkat yang Sobat gunakan, penyiapannya mungkin berbeda. Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak semua router memiliki kemampuan untuk mendukung protokol VPN yang aman, jadi pastikan untuk mendapatkan yang mendukung.

                Untuk mengatur koneksi VPN, ikuti langkah-langkah berikut:

                1. Pastikan Anda memiliki akun VPN yang valid dan kredensial yang dibutuhkan untuk mengakses jaringan tersebut.
                2. Buka “Control Panel” pada komputer Anda dan klik “Network and Sharing Center.”
                3. Klik “Set up a new connection or network.”
                4. Pilih “Connect to a workplace” dan klik “Next.”
                5. Pilih “Use my Internet connection (VPN).”
                6. Masukkan alamat server VPN yang diberikan oleh administrator jaringan Anda.
                7. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk mengakses jaringan VPN.
                8. Klik “Create” untuk menyelesaikan pengaturan.
                9. Klik kanan pada ikon koneksi VPN yang baru dibuat dan pilih “Connect” untuk menyambungkan ke jaringan VPN.

                Note: Ini adalah panduan umum, setiap perangkat dan sistem operasi memiliki prosedur yang berbeda untuk set-up VPN, sebaiknya baca panduan dari perangkat atau sistem operasi yang digunakan.

                Akhir Kata

                VPN secara khusus dimaksudkan untuk orang-orang yang online dan ingin menjaga aktivitas web mereka tetap pribadi dan aman. Misalkan Sobat adalah penggemar streaming film, pemain game yang rajin, pelancong, fanatik olahraga, aktivis hak asasi manusia, pemuja keamanan, ahli privasi, penggemar torrent, atau hanya pengguna seluler. Dalam hal ini, Sobat mungkin ingin mengamankan data Sobat dengan VPN, terutama dengan penyedia Layanan VPN Teratas.

                Sobat dapat melakukan apapun yang Sobat inginkan di internet tanpa takut informasi sensitif Sobat dilihat, dikumpulkan, dan dijual oleh peretas. Itu selalu merupakan ide bagus untuk bekerja ekstra untuk melindungi diri Sobat sendiri saat berada di internet.

                Demikian Artikel kami tentang VPN: Ulasan Lengkap Tentang VPN, Jjika ada yang perlu ditambahkan terkait artikel diatas, silahkan berikan komentar.

                Artikel Terkait:  Ulasan Lengkap Hola VPN : VPN Residential

                You May Also Like